-->
    |

Dewan Pers Beri Masukan Penting ke inilahmedan.com Terkait Tertib Administrasi dan Kinerja Jurnalistik

Staf Ahli Dewan Pers Shanty Ruwyastuti dan Kabag Hubungan Antar Lembaga dan Pendataan Dewan Pers Deritawati memberikan buku panduan kepada Pemimpin Redaksi inilahmedan.com Yoko Soesilo Chou didampingi jajaran redaksi pada verifikasi faktual media online inilahmedan.com di kantor redaksi Jalan Karya Jaya Komplek Ruzain 2 Medan, Selasa (12/10/2021). (foto: Fatimah) 


INILAHMEDAN - Medan: Jajaran Dewan Pers memberikan masukan penting terkait tata kelola administrasi dan sistem kinerja jurnalistik dalam mengelola sebuah perusahaan pers. 

Kabag Hubungan Antar Lembaga dan Pendataan Dewan Pers, Deritawati yang akrab disapa Rita mengatakan, tertib administrasi  perusahaan pers sangat diperlukan dalam mengelola perusahaan pers itu sendiri terlebih dalam mengatur keuangan. 

"Misalnya berkaitan dengan target-target berita yang dibebankan kepada wartawan (baik honor maupun wartawan tetap-red). Target berita harus ada bagi wartawan yang mendapat honor maupun gaji. Jika tidak tertib, tentu saja ini bisa mengganggu tata kelola keuangan," kata Rita didampingi staf ahli Dewan Pers, Shanty Ruwyastuti, saat melakukan verifikasi faktual media online inilahmedan.com di kantor redaksi Jalan Karya Jaya, Komplek Ruzain 2 No 6, Medan, Selasa (12/10/2021). 

Pada verifikasi faktual itu, Rita juga memberi masukan tentang item-item perilaku perusahaan pers agar jangan dicampuradukkan dengan aturan-aturan yang perlu dilakukan para wartawan.


"Jangan dicampuradukkan. Perilaku perusahaan pers perlu diketahui masyarakat umum. Aturan-aturan yang berkaitan dengan tugas wartawan perlu diketahui wartawan itu sendiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya," kata Rita. 

Sementara Staf Ahli Dewan Pers, ,Shanty Ruwyastuti lebih banyak menyoroti kinerja wartawan dan sistem keredaksionalan yang berkaitan dengan fungsi dan tugas-tugas jurnalistik. Bahkan Shanti sempat mengingatkan hal-hal sepele yang selalu dilupakan wartawan. 

"Dalam pengembangan berita, penting untuk menjelaskan berita terdahulu, terlebih-lebih berita peristiwa. Kan tidak semua orang tahu dengan berita awal, lalu kemudian kita sajikan dengan berita pengembangan. Sebenarnya ini konsep dasar berita yang sering dilupakan," kata  Shanty yang masih aktif sebagai jurnalis di  Metro TV dan pernah bekerja di perusahaan pers terkemuka lainnya. 


Shanti juga menjelaskan tentang pengutipan berita dari media nasional dan juga foto berita. 

"Kalau mengutip sebuah berita, sumber berita harus disebutkan dengan jelas. Begitu juga dengan foto berita, harus mendapat izin dari pemilik foto dan menyebutkan nama pemilik foto," katanya. 

Hadir pada verifikasi faktual inilahmedan.com antara lain Pemimpin Redaksi Yoko Soesilo Chou, Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Bambang Sri Kurniawan, Redaktur Pelaksana Zulkifli Harahap dan wartawan Fatimah Siregar. (imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini