|

Wali Kota Bobby Minta Agar Normalisasi Sungai di Medan Segera Dimulai

Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin rapat koordinasi penanganan banjir, Kamis (09/09/2021) di Ruang Rapat I, kantor wali kota.(foto: ist) 

INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin rapat koordinasi penanganan banjir, Kamis (09/09/2021) di Ruang Rapat I, kantor wali kota.

Dalam rapat yang dihadiri antara lain oleh Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin, pihak Dinas SDA CK dan TR Provsu, Malik Assalih, dan segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan itu, Bobby meminta agar normalisasi sungai untuk penanganan banjir di Medan segera dimulai.

Pada rapat itu, Bobby juga meminta agar dari tiga sungai yakni Bederah, Babura, dan Deli disepakati mana yang diprioritaskan untuk dinormalisasi lebih dulu.

Bobby mengatakan, Pemko Medan juga telah menyiapkan anggaran pembebasan lahan untuk normalisasi tersebut.

"Walau biasanya untuk pembebasan lahan untuk sungai ini dari pusat. Seperti kata Pak Maman, kalau ada anggaran dari Pemko, pusat bisa keluarkan anggaran lebih besar lagi. Sekarang kami sudah siapkan anggaran untuk pembebasan lahan," ungkap Bobby.

Memang, lanjut Bobby, yang dianggarkan Pemko Medan tidak terlalu signifikan bisa menyelesaikan keseluruhan.

"Namun ini menunjukkan komitmen Pemko Medan," ujarnya.

Bobby juga meminta pihak BWS Sumatera II dapat memberikan gambaran progres pekerjaan yang akan dicapai dengan ketersediaan anggaran, baik dari Pemko Medan, Pemprovsu, maupun pusat.

"Dengan anggaran itu berapa persen yang bisa dikerjakan, berapa persen pula berkurangnya cakupan wilayah yang terkena banjir," sebutnya.

Bobby juga menyatakan, efek dari pekerjaan perlu dikaji dan dijadikan landasan memilih salah satu dari ketiga sungai yang akan dikerjakan terlebih dahulu.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini