-->
    |

Bupati Batubara Zahir Terima Audensi APKSI Bidang Pendidikan dan Kesehatan


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Batubara memfasilitasi audiensi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKSI) ke Bupati Batubara Zahir. Audiensi berlangsung di Rosewood Room Grand Aston City Hall Medan, Minggu (02/05/2021).

"Dalam audiensi itu dibahas tentang peningkatan mutu dan kualitas pendidikan melalui program unggulan aplikasi bidang pendidikan dan percepatan penanganan Covid-19. Kegiatan diikuti pejabat Eselon II dan kepala bidang terkait di lingkungan Pemkab Batubara," kata Kepala Disdik Batubara Ilyas Sitorus usai audiensi.

Bupati Batubara Zahir mengatakan ada tiga prioritas program unggulan Pemkab Batubara. Yakni bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Khususnya bidang pendidikan, kata Bupati, Pemkab Batubara memberikan perhatian ekstra karena kelak akan melahirkan sumber daya manusia yang aktif dan produkrif.

"Salah satu bentuk perhatian kita di bidang pendidikan adanya alokasi anggaran untuk program kegiatan beasiswa, pemenuhan berbagai aplikasi pembelajaran terutama di masa pandemi seperti melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas sejak 7 September 2020 sampai sekarang," jelas politisi PDI Perjuangan ini.

Staf Ahli APKSI Bidang Pendidikan Himatul Hasanah menjelaskan peran APKSI dalam bidang pendidikan guna peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Menurut dia, problematika pendidikan di Indonesia masih rendah. Di mana Indonesia menduduki peringkat nomor 164 dari 170 negara dalam 10 tahun terakhir.  Untuk mengisi kekurangan tenaga pengajar maka di tahun 2019/2020 mengangkat guru honorer menjadi guru PNS.

"Dari pihak APKSI sendiri terus melakukan peningkatan mutu pendidikan melalui Focus Group Discussion yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Himma juga menceritakan beberapa program unggulan APKSI Bidang Pendidikan dan Kesehatan. Untuk mengimplementasikan program ini perlu dukungan dari kepala daerah dan segera diikuti dinas terkait. 

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus mengatakan audiensi ini sebagai tindak lanjut kepengurusan yang baru di tubuh APKSI di mana salah satu bidang Diketuai Bupati Batubara Zahir.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini