|

Wali Kota Tinjau Laporan Masyarakat Terkait Aktifitas Pukat Trawl di Perairan Belawan



INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau tempat pelelangan ikan Gabion, Belawan, Selasa (13/04/2021).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut laporan masyarakat perihal aktifitas pelanggaran penangkapan ikan dengan pukat trawl di perairan Belawan.

Saat tiba di lokasi, Wali Kota Medan didampingi Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun dan Kaban BPBD Arjuna Sembiring langsung menemui masyarakat  yang Senin (05/04/2021) kemarin menyampaikan aspirasi ke kantor Wali Kota.

Selain itu Wali Kota juga menemui dan berbincang dengan nelayan agar mengetahui lebih detail permasalahan sehingga dapat diatasi bersama.

"Sesuai janji, saya hadir langsung guna melihat dan mendengarkan permasalahan yang terjadi. Pemko Medan saat ini tidak berwenang dalam melarang dan menindak aktifitas pelanggaran penangkapan ikan dengan pukat trawl. Tetapi ke depan kita akan koordinasi dan berkolaborasi dengan Kementerian KKP dan Provinsi Sumut agar permasalahan tersebut dapat teratasi. selain itu nelayan tradisionil juga dapat merasa tenang dan nyaman menangkap ikan di perairan Belawan," Kata Wali Kota.

Menunggu koordinasi untuk menyelesaikan masalah pukat trawl, Wali Kota menawarkan bantuan kepada nelayan tradisional untuk meningkatkan pendapatan. Kemudian Wali Kota meminta Kadis Pertanian dan Perikanan agar apa yang menjadi kebutuhan nelayan tradisional dapat ditampung dan diberikan.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Risyad Marbun menjelaskan sesuai arahan Wali Kota Medan pihaknya siap menampung dan memberikan bantuan kepada nelayan tradisional untuk meningkatkan pendapatannya.

"Kita dapat memberikan bantuan berupa asuransi untuk nelayan dan pelatihan untuk ibu - ibu nelayan agar dapat meningkatkan perekonomian," jelas Ikhsar. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini