|

Ini Kata Pangam I/BB Dan Kapolda Sumut Saat Tinjau Kesiapan PSU


INILAHMEDAN
- Labuhanbatu : Pangdam I/BB Mayjen Hasanuddin bersama Kapoldasu Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengimbau masyarakat agar pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan sukses.

Hal ini ditegaskan Kapolda dan Pangdam I/BB pada kegiatan kunjungan kerja dalam pengecekan kesiapan TNI/Polri terhadap konsentrasi pengamanan PSU yang akan digelar serentak pada 24 April 2021 mendatang.

" Pesan saya kepada masyarakat, mari sama-sama menciptakan PSU yang baik, aman dan lancar serta mendukung TNI dan Polri sehingga prosesi pemungutan berjalan aman, lancar, baik dan kondusif," imbuh Pangdam.

Kapolda Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, kedatangan mereka di dua Kabupaten tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan serta terkonfirmasi dan terinformasinya masyarakat tentang pelaksanaan PSU pada 24 April 2021 nanti.

" Kami mengharapkan pelaksanaan PSU nantinya dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar tanpa ada gangguan sekecil apapun. Harapan saya, Forkopimda Prov, Forkopimda kabupaten, kecamatan hingga ke desa harus saling bersinergi dalam menyukseskan PSU ini," kata Kapolda.

Kepada Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak berpesan agar tetap menjaga netralitas serta menegaskan pelaksanaan PSU di dua Kabupaten dapat terlaksana dengan baik sebagaima yang diharapkan.

" Kalau kita (TNI-Polri) sudah menyatu, maka semua masalah pasti akan dapat terselesaikan dan kepada kita semuanya, tetap jaga kesehatan masing-masing. Saya berharap, pemungutan suara ulang dapat berjalan sesuai mekanisme yang ada baik di tingkat TPS, PPK dan KPU," sebut Kapoldasu.

Kunjungan kedua Jenderal itu didampingi Kabinda Sumut Brigjen Asep Jauhari Pujalaksana, Asops Kasdam I/BB Kolonel Kristomei Sianturi, Dirkrimsus Polda Kombes Jhon Charles Edison Nababan, Kabid Propam Polda Kombes Donal P Simanjuntak, Dir Intelkam Polda Kombes Dwi Indra Maulana dan Kasmin Pangdam I/BB Mayor Fernando Batubara.

Pangdam I/BB dan Kapolda beserta rombongan melakukan peninjauan kesiapan pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di PT Perkebunan Torganda Sibisa Mangatur, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labusel dan TPS 007 di Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

" Untuk penambahan personil pengamanan nantinya, kita turunkan personil dari Polda Sumut dan Brimob. Saya mengimbau kepada masyarakat, mari kita hormati hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU). Apapun hasilnya nanti, kalau ada yang mengganggu akan saya tindak," tegasnya.

Disisi lain, terkait rumor tentang permasalahan pilkada di PT Torganda, akhirnya terjawab. Dimana, pihak manajemen secara langsung menjelaskan bahwa adanya tudingan intimidasi terhadap karyawan untuk memilih salah satu Paslon, itu tidak benar.

" Sampai saat ini, pihak perusahaan tidak pernah mengarahkan karyawan PT Torganda untuk memilih salah satu Paslon dan perusahaan tidak pernah mencampuri urusan politik karyawan," terang Sabar manik GM PT Torganda Sibisa Mangatur.

Ia menyebutkan bahwa kehadiran kedua pimpinan TNI/Polri di wilayah Sumut itu memberikan angin segar terhadap perbaikan situasi politik di wilayah setempat. Dimana, suhu politik yang sebelumnya cukup panas akibat rumor 'intimidasi karyawan' tersebut. 

" Kapolres dan Dandim silahkan melakukan razia. Saya sudah lapor kepada Panglima, untuk dipasang tenda di pintu masuk dengan tujuan agar masyarakat melihat Polisi dan TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah hukum Labuhanbatu," ungkap Kapolda. 

Kunker Pangdam dan Kapolda itu disambut pula oleh Dandim 0209/LB Letkol Asrul Kurniawan Harahap, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Danyonif 126/KC Letkol Dwi Widodo, Kasdim 0209/LB Mayor Muji Santoso. 

Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Marluddin, para perwira Kodim 0209/LB, Dansubpom I/1-2 Rantauprapat Kapten Hendrik dan jajaran perwira Polres Labuhanbatu.

Untuk kegiatan pengecekan lokasi TPS di Kabupaten Labusel itu Pangdam dan Kapolda menggunakan Heli jenis Bell 429/P-3203 melalui Lapangan Kipan C Yonif 126/KC.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini