|

Pemkab Karo Dengan UMSU Jalin Kerjasama Pariwisata dan BUMD



INILAHMEDAN - Medan: Pemkab Karo dengan UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) menjalin  kerja sama dalam bidang  pariwisata serta pembentukan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).
     
Kerja sama ini dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dan dilanjutkan penandatangan bersama oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana dengan Rektor UMSU Assoc Prof Dr Agussani MAP, Selasa (23/03/2021) di Jalan Kapten Mukhtar Basri Glugur Darat II Medan.
     
Turut mendampingi Bupati Karo, Kabag Otda Robinson Brahmana, Kabag Perekonomian Rismawati  Ginting, Sekretaris Pariwisata Eva Angelina Sembiring, Kasubag Otda Junaidi Ginting Munthe dan jajaran dekan serta dosen UMSU.
     
Rektor UMSU Agussani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pemkab Karo  kerja sama dalam bidang pariwisata dan pembentukan BUMD ini.
    
Perlu diketahui, imbuh Agussani, UMSU merupakan lembaga perguruan  tinggi, dan adanya anjuran dari Kemendikbud bahwa kampus harus memberdayakan kampus  merdeka dan merdeka belajar sebagai dasar  perguruan tinggi  dalam menjalankan program dan kegiatan, seperti KKN (kuliah kerja nyata). 
     
"Apalagi mahasiswa UMSU asal Karo  ada sebanyak 139 orang. Sedangkan dosen pengajar ada 546 orang dengan jumlah mahasiswa keseluruhan 20.418 orang," tuturnya.
     
Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapreisasi pihak UMSU yang akan membuka peluang kerjasama dalam sektor pariwisata dan pembentukan BUMD.
    
Selain itu, kata Terkelin, juga ada kerja sama pelaksanaan pelatihan, workshop, focus group discusion, penguatan dan pengembangan kelembagaan.
     
Artinya, peluang mahasiswa UMSU ke depan dapat melakukan KKN (kuliah kerja nyata) maupun magang di bidang sektor pariwisata sangat baik, sehingga kebutuhan kerja setelah kuliah sudah mampu beradaptasi dengan tantangan situasi yang ada.
       
"Potensi-potensi inilah yang  banyak dilirik oleh daerah lain, sehingga peran mahasiswa nantinya saat terjun langsung ke desa dan berbaur dengan masyarakat desa maupun perangkat desa, semakin mapan ilmunya," ujar Terkelin.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini