|

Ihwan Ritonga Apresiasi Reaksi Cepat Wali Kota Bongkar Bangunan Baru Depan Gedung Warenhuis



INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution bertindak cepat. Baru beberapa hari dilantik, menantu Presiden Jokowi ini langsung bertindak tegas dengan membongkar bagian depan gedung yang baru rampung dibangun di Jalan Ahmad Yani VII, persisnya di depan gedung Warenhuis, Kamis (05/03/2021).

Sebagaimana diketahui, sebagian  gedung di kawasan Kesawan dan sekitanya - termasuk gedung-gedung di Jalan Ahmad Yani VII - merupakan kawasan heritagenya (kota tua) di Kota Medan yang akan dijadikan tujuan wisata. Termasuk juga gedung Warenhuis yang memiliki nilai sejarah (cagar budaya) di Kota Medan.



Reaksi cepat Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution ini untuk mempertahankan kawasan heritage dengan membongkar sebagian gedung baru yang awalnya masuk dalam tatanan gedung tua (peninggalan Belanda) yang harus dipertahankan itu mendapat apresiasi Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga.

"Tindakan cepat Wali Kota Medan ini perlu diapresiasi. Ini contoh bahwa apapun itu jika menyalahi Undang-Undang, Perda dan Perwal akan ditindak tanpa pandang bulu," kata Ihwan Ritonga, Kamis (05/03/2021).

Menurut Ihwan, bangunan baru yang kabarnya tidak memiliki IMB di Jalan Ahmad Yani VII itu juga sempat menjadi sorotan DPRD Medan. Karena  diketahui sejak awal pembangunan sudah menyalahi. Namun, saat itu tidak ada tindakan tegas yang dilakukan Pemko Medan saat itu. 

"Nah, setelah Bobby dilantik menjadi Wali Kota Medan, barulah kita sama-sama melihat keseriusan beliau untuk membenahi dan mengubah wajah Kota Medan menjadi lebih baik," kata Ihwan.

Menurut Ketua TIDAR Sumut ini, Kota Medan terutama di daerah Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat banyak memiliki bangunan tua bersejarah dan masuk ke dalam lokasi cagar budaya. Bangunan tua tersebut ada yang dimiliki perorangan, perusahaan dan juga Pemko Medan.

"Selama ini, bangunan tersebut tidak ada yang dibongkar apalagi dijadikan bangunan baru. Namun kita heran ketika mendengar ada bagunan tua berusia di atas 50 tahun dan masuk lokasi cagar budaya, diratakan dan dibangun baru tanpa ada IMB. Inilah yang saat ini ditindak Wali Kota Medan," terangnya.

Untuk itu, politisi Partai Gerindra Kota Medan ini berharap selama kepemimpinan Bobby Nasution, Kota Medan cepat berubah dan masyarakatnya sejahtera dan berkah.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini