|

Terbitnya Teleg Kapolri, Kapolres Perintahkan Sipropam Laksanakan Tes Urin


INILAHMEDAN
- Batubara : Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis memberi arahan/perintah kepada Sipropam dan Satres Narkoba Polres untuk melaksanaan tes urin terhadap para personil Polsek Medang Deras di halaman Mapolsek, Jum'at (26/02/21). 

Pelaksanaan kegitan tersebut telah berlangsung pada Senin (22/02/21) di Mapolres Batu Bara. Hal itu merujuk dari amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram Nomor: ST/331/II/HUK.7.1/2021 tertanggal 19. 

Surat tersebut mengenai pelaksanaan tes urin bagi seluruh anggota Polri untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri. 

Dikeluarkannya surat itu menyusul terjadinya penangkapan Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi yang sedang menggunakan narkoba beserta sebelas anggotanya. 

Menurut Kapolri kasus penyalahgunaan narkoba Kompol Yuni dan sebelas anggotanya itu dinilai sangat mencoreng citra dan wibawa Polri di masyarakat.  

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa yang melibatkan anggota Polri, Kapolri meminta para Kapolda untuk melakukan deteksi dini terhadap anggota yang terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba. 

Pada wartawan Kapolres AKBP Ikhwan Lubis melalui Paur Humas Polres Aiptu Ismunazir mengatakan tes urin yang diselenggarakan itu dilakukan secara mendadak. 

Sebanyak 23 personil menjalani tes antara lain Kapolsek, Wakaplosek dan personil staf fungsi Polsek Medang Deras dengan hasil negatif narkoba. 

" Kami Polres Batubara melaksanakan tes narkoba secara mendadak kepada personil Polsek Medang Deras termasuk 

Kapolsek, Wakapolsek dan para personil Staffung yang ada untuk memberikan contoh bahwa anggota Polri juga ikut di tes apakah sebagai pengguna penyalahgunaan narkoba atau tidak," ujarnya. 

Sementara Kapolsek Medang Deras AKP Mhd Iskad mengatakan dari hasil pengecekan menggunakan alat rapid dianostic/tes kit (menggunakan melalui air seni/urine) sebanyak 23 personel Polsek Medang Deras dinyatakan keseluruhannya negatif menggunakan/mengkomsumsi narkotika. (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini