|

Tangani Karhutla, Pasi Ops Kodim 0104/ AT Dan Instansi Terkait Hadiri Rakor


INILAHMEDAN
- Langsa : Perwira Seksi Operasi Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Suharianto menghadiri rapat koordinasi (Rakor) penanganan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama instansi terkait, di Aula Mapolres Langsa, Jum'at (26/02/21).

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro didampingi Kabag Ops Kompol Dheny Firmandika dan Kabag Hukum Pemkot Langsa Dewi Susanti. 

Kapolres  menyampaikan permasalahan Karhutla merupakan salah satu atensi dari Presiden Republik Indonesia. Oleh sebab itu kita juga tindak lanjuti hingga di tingkat daerah.

" Dengan Rakor ini, akan dibahas bagaimana langkah pencegahan maupun penanganan Karhutla. Selain itu, bagaimana instansi mengetahui cara bertindak apabila terjadi Karhutla,” ujarnya. 

Dikatakan, kebakaran hutan bisa terjadi dari faktor alam maupun faktor manusia. Oleh sebab itu, kita perlukan langkah antisipasi melalui sinergitas antar instansi mulai dari sosialisasi pencegahan maupun penanganan apabila hal itu terjadi. 

Dalam penanganan Karhutla agar semua pihak dapat saling mendukung sehingga tidak ada yang saling dirugikan atau menjadi korban penegakkan hukum penyalahgunaan kebakaran hutan atau lahan.

Ke depan, dalam penanganan Karhutla akan dilakukan tindakan represif sesuai aturan tentang kebakaran hutan atau lahan. 

" Oleh karena itu, momentum rapat koordinasi ini merupakan langkah yang baik dan strategis. Karena selain menjalankan instruksi juga untuk menjaga ekosistem dan kelangsungan hidup,” jelasnya.

Kepada masyarakat melalui peragkat kecamatan sampai tingkat desa atau dusun serta pemilik lahan baik perusahaan maupun perorangan agar mempedomani arahan Presiden RI tentang penanganan Karhutla.

Terpisah Pasiops mengatakan jajaran Kodim 0104/Atim akan selalu berkoordinasi kepada instansi terkait dan mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Babinsa di wilayah. 

Merupakan langkah pertama untuk meminimalisir pencegahan kebakaran hutan dan lahan sehingga dengan dilaksanakan rapat koordinasi kita dapat menemukan solusi dalam rangka mencegah Karhutla di 2021 di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur.

" Mari bersama-sama kita mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran pada musim kemarau seperti ini. Saya berharap agar tahun ini tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah kita,” pungkasnya. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini