-->
    |

Gubernur Edy Resmikan Pengoperasian Terminal Tipe B Kabanjahe



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Bupati Karo Terkelin Brahmana meresmikan operasional terminal Tipe B Kabanjahe, Selasa (16/02/2021)  di Kabanjahe. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Sik Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Dirut PT Bank Sumut Budi Utomo, Ketua PKK Provsu Nawal edi Rahmayadi, Ketua TP PKK Karo Terkelin Brahmana.

Edy dalam sambutannya mengatakan keberadaan terminal ini cukup menarik dan bermanfaat, sebab sudah tertata rapi, sehingga nyaman digunakan, sehingga harus dijaga kebersihannya.

"Atas nama Pemprovsu, hari ini kami nyatakan dan resmikan terminal Tipe  B Kabanjahe ini beroperasi," ucapnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat bangga dengan selesainya pembangunan terminal Tipe B Kabanjahe ini dan semuanya  telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 132 Tahun 2015. 

Seperti kita ketahui, sesuai Undang Undang Pemda No23 tahun 2014 bahwa kewenangan pengelolaan terminal AKDP terbagi dalam tiga tipe terminal, yaitu terminal Tipe A, terminal Tipe B dan Tipe C. 

Sedangkan untuk  Tipe B pengelolaannya berdasarkan aturan harus beralih ke Pemprovsu, sehingga proses pembangunan dapat diwujudkan pada tahun 2020. Padahal awalnya pembangunan terminal Kabanjahe ini dibangun tahun 1980 oleh Pemkab Karo dan saat itu berstatus Tipe C.

"Ada rentang waktu 40 tahun untuk direvitalisasi kembali menjadi terminal percontohan dengan segala fasilitas yang ada, tentu faktor yang diperhatikan perawatan dan faktor bidang keamanan dan kebersihannya, sehingga nyaman bagi masyarakat," ujarnya. 

Untuk itu, atas nama Pemkab Karo, Bupati Karo mengucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada Pemprovsu yang telah membangun terminal percontohan tipe B Kabanjahe.

Edy bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana juga melakukan penandatangan prasasti terminal.(imc/is) 

Komentar

Berita Terkini