|

Bupati Karo Terapkan Tapping Box Hotel dan Restoran Guna Dongkrak PAD



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana tidak main- main dalam menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Kabupaten Karo dengan melakukan terobosan baru menerapkan Tapping Box di sejumlah restoran, hotel, Alfamart, Indomaret dan KFC.
     
"Alat Tapping Box dipasang di hotel dan restoran. Fungsinya untuk mencatat atau menangkap semua transaksi yang kemudian tercetak oleh printer point of sales," Kata Terkelin Brahmana saat  menyaksikan  penagihan dilakukan tim BPKAD Karo  kepada pihak restoran cepat saji KFC, Rabu  (18/11/2020) di Desa Peceren Karo.
     
Bupati Karo saat itu didampingi Ketua DRPD Karo Iriani Br Tarigan, anggota DPRD Karo Herti Delima Beru Purba, Kepala PT Bank Sumut Cabang Kabanjahe, Josep Karokaro.
     
"Di samping itu, ungkap Terkelin, pemasangan alat ini juga guna  mendukung transparasi pembayaran pajak oleh wajib pajak (WP) yang berasal dari pihak  ketiga.
     
Bupati mengklaim, dengan alat ini dipastikan tidak akan ada kebocoran transaksi wajib pajak. Setiap hotel, restoran, ataupun tempat lainnya,  tidak akan dibebani biaya apa pun dalam sistem ini. Hanya saja, petugas yang akan mengoperasikan alat ini diserahkan kepada wajib pajak.
      
Menurutnya, hotel, restoran, indomaret, aAlafamaret dan KFC merupakan sumber   PAD yang siginifikan dari kategori parawisata dan Bupati pun berharap, PAD Kabupaten Karo, akan terus meningkat dari sektor tersebut.
    
Terkelin juga mengaku, Tapping Box ini  dimulai dan diawali dengan penagihan perdana bulan Nopember 2020 oleh Dinas BPKPAD.
      
"Sebagai permulaan, alat ini akan dipasang di 70 titik tempat berbeda, meliputi hotel dan restoran dan KFC. Sedangkan teknis penagihan nanti pihak BPKPAD bersama PT Bank Sumut yang berkolaborasi," sebut Terkelin.
        
Sementara itu, Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan sangat memuji langkah Bupati Karo yang proaktif dalam sektor penambahan PAD, dan tentunya baru pertama kali diterapkan semasa kepemimpinannya.
      
"Ini suatu prestasi, dan kami DPRD Karo akan mendukung sepenuhnya kebijakan yang dilakukan Pemkab Karo," ucapnya.
     
Sementara Kepala PT Bank Sumut Josep Karokaro menyebutkan,  Tapping Box diberlakukan sangatlah tepat, karena uang akan terkoneksi langsung ke Bank Sumut.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini