|

Pemkab Asahan Terima Kunker Perwakilan BPK RI Provsu



INILAHMEDAN - Asahan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BPK RI Provsu) di Aula Mawar kantor Bupati Asahan, Selasa (27/10/2020).

Plh Bupati Asahan John Hardi Nasution menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Asahan terus berupaya menekan penyebaran Covid-19 dengan melakukan antara lain, pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 berdasarkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2020, melakukan realokasi anggaran dan refocusing kegiatan.

Selain itu Pemkab Asahan melalui inspektorat juga telah melakukan Reviu Asisten dan pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tata cara pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban dalam rangka penanganan Covid-19.

Jhon Hardi berharap kepada Kepala BPK RI Perwakilan Provsu dapat memberikan pembinaan agar pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Asahan pada masa mendatang dapat lebih baik lagi dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh selama 3 tahun berturut-turut sejak 2017 sampai dengan 2019 dapat dipertahankan.

Sementara Kepala Perwakilan BPK RI Provsu yang diwakili Kepala Sub Auditoriat Sumut III Syafruddin Lubis menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan BPK merupakan program audit universe yang dilakukan di seluruh Indonesia dengan tujuan melakukan efektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kepatuhan pengelolaan tanggung jawab keuangan negara dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.

Dia mengatakan pada hari ini BPK hadir di Kabupaten Asahan untuk meminta jawaban pengelolaan keuangan Pemkab Asahan terkait pemeriksaan atas penanganan Covid-19.(imc/adlin) 

Komentar

Berita Terkini