-->
    |

BMKG Pasang Alat Pendeteksi Dini Gempa dan Tsunami di Kantor Bupati Karo


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Deliserdang memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami atau Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di lobi kantor Bupati Karo, Rabu (22/07/2020).

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang Teguh Rahayu saat bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan pemasang WRS New Gen ini berfungsi untuk memberikan informasi dini kepada masyarakat tentang gempa bumi dan tsunami secara real time di wilayah Kabupaten Karo.

"Wilayah Kabupaten Karo rentan terjadi bencana, sehingga alat ini dapat digunakan sebagai proteksi untuk mendapatkan informasi," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk wilayah Sumut periode 2020 ini telah terpasang 11 alat WRS New Gen yang tersebar di Medan, Tapanuli Selatan, Samosir, Pakpak Bharat, Dairi, Padang Lawas, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhanbatu dan Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan terima kasih kepada BMKG yang telah memasang alat yang bisa memberikan informasi dini gempa dan tsunami secara real time.

Bupati berharap peralatan ini bisa mempermudah dalam memberikan informasi di Kabupaten Karo terkait gempa bumi dan tsunami sehingga pemerintah dapat mengambil langkah lanjut secara cepat dan tepat.

Turut hadir dalam pemasangan alat deteksi gempa iniSekda Karo Kamperas Terkelin Purba, Kadis Kominfo Jhonson Tarigan, Kabid Logistik BPBD Natanael Peranginangin. (imc/is)



Komentar

Berita Terkini