|

Warga Sidomukti Asahan Positif Corona Meninggal Dunia


INILAHMEDAN - Asahan: Salah seorang warga Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Asahan berinisial L (43) meninggal dunia. Pasien ini dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Asahan Rahmat Hidayat Siregar kepada wartawan, Senin (22/06/2020).

Dayat menjelaskan, dari data yang diterimanya pada 04 Juni 2020, pasien datang berobat ke salah satu RS swasta di Kisaran dengan gejala demam dan batuk lebih 7 hari. Kemudian pasien menjalani rawat inap selama 6 hari dan kemudian pulang dengan inisiatif sendiri.

Pada 09 Juni 2020, pasien itu berobat secara mandiri ke RS Vita Insani Pematangsiantar dengan gejala demam dan batuk kembali. Kemudian 10 Juni 2020 pihak RS Vita Insani melakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya reaktif. Lalu pasien dirujuk ke RSUD Djasemen Saragih Pematangsiantar dengan status PDP rawatan.

Pada 11 Juni 2020, pihak surveilans Dinkes Kota Pematangsiantar berkoordinasi tentang pasien tersebut kepada Surveilans Dinas Kesehatan Asahan.

Pada 12 Juni 2020, dilakukan pengambilan spesiemen pertama dengan cara swab melalui nasofaring kepada pasien tersebut. Pada 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan spesiemen swab kedua melalui nasofaring.

Pada 20 Juni 2020, berdasarkan informasi dari Dinkes Kota Pematangsiantar, pasien dinyatakan meninggal dunia pukul 18.00 WIB. Kemudian almarhumah dikebumikan di Pekuburan Sidomukti Kisaran dengan menerapkan Protokol Covid-19.

Pada 21 Juni 2020, Dinas Kesehatan Asahan berdasarkan koordinasi dengan Dinkes Pematangsiantar mendapatkan informasi mengenai hasil laboratorium pasien. Hasilnya pasien itu dinyatakan positif Covid-19 secara swab nasofaring.

Pada 22 Juni 2020, Dinas Kesehatan Asahan menindaklanjuti hasil pemeriksaan laboratorium (swab) dengan melaksanakan pemetaan/screening seluruh kontak erat resiko terpapar dari kasus pasien tersebut melalui Puskesmas Sidodadi Kec Kota Kisaran Barat.

Sampai saat ini pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan. Rapid test terhadap kontak erat dimaksud juga akan disampaikan segera untuk menghindari penyebaran.

Dayat mengatakan, untuk data Covid-19 di Asahan, untuk yang positif bertambah menjadi 9 orang dengan pembagian 4 orang masih dirawat, 3 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia. Sedangkan PDP sebanyak 2 orang.(imc/adlin)
Komentar

Berita Terkini