|

Akhyar Ajak Masyarakat Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengajak masyarakat Kota Medan harus mempersiapkan diri melakukan adaptasi kebiasaan baru di masa-masa pandemi Covid-19 yang tidak dapat dipastikan kapan berakhir. Adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud adalah masyarakat boleh melakukan aktivitas dengan syarat harus mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Salah satunya menaati aturan protokol kesehatan yang diberlakukan di Kota Medan," kata Akhyar saat menjadi narasumber dalam acara Ngopi Sore yang dipandu Pemred Tribun Medan Syarief Dayan di Kantor Tribun Jalan KH Wahid Hasyim, Jumat (26/06/2020) sore.

Akhyar menjelaskan, salah satu kebiasaan atau kultur baru yang harus dilakukan masyarakat Kota Medan adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sebab, saat ini masker merupakan kebutuhan yang sangat penting karena dapat mencegah penularan atau tertularnya Virus Corona.

"Masker sebuah kultur baru bukan aksesoris tetapi kebutuhan. Kalau gak mau pakai masker diam saja jangan pegang mulut hidung ataupun mata, masker ini untuk mencegah kita tertular dan menularkan ke org lain memang masih berpotensi penularan tapi hanya sedikit," kata Akhyar sembari menjelaskan penggunaan masker yang benar saat sedang berbicara.

Selain menggunakan masker, tambah Akhyar, penerapan protokol lainnya seperti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak satu sama lain atau lebih baik menghindari kerumunan juga penting dilakukan guna memutus penyebaran Covid-19.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini