-->
    |

Akhyar: Waspadai, Orang Tak Pakai Masker di Situasi Pandemi


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution meminta seluruh warga Medan senantiasa mewaspadai orang-orang tidak menggunakan masker. Sebab, tidak tertutup kemungkinan orang-orang tersebut yang akan menularkan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sekarang waspadai orang tidak pakai masker, sebab tidak tertutup kemungkinan dialah yang menjadi sumber penularan Covid-19. Untuk itu jika ada orang yang mendatangi kita tidak memakai masker, lebih baik disuruh pergi saja,” kata Akhyar di acara bakti sosial pembagian 300 paket untuk warga Lingkungan IV, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, di RS Lion Jalan Amir Hamzah, Rabu (06/05/2020).

Diungkapkan Akhyar, pemakaian masker sangat penting guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

"Itu sebabnya pemakaian masker wajib dilakukan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, masker sangat membantu sebagian besar droplet (percikan) yang akan keluar untuk menularkan Covid-19 karena tertahan dengan masker tersebut," katanya.

Terkait itu, jelas Akhyar, baik warga yang sakit maupun sehat wajib memakai masker. Terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah, termasuk berada di tempat umum. Selain mengenakan masker, Akhyar juga mengingatkan agar warga lebih baik berada di rumah saja. Kemudian selalu melakukan physical distancing yaitu memberi jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain dan rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Pemerintah tidak bisa memutus penyebaran Covid-19 tanpa dukungan penuh seluruh masyarakat. Oleh karenanya masyarakat mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Insya Alllah dengan kebersamaan, kita mampu mengatasi Covid-19,” ungkapnya.

Akhyar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lion 307 A2 yang telah memberikan bantuan berupa beras dan mie instan bagi warga di seputaran RS Lion. Apalagi 300 warga yang mendapatkan bantuan itu merupakan warga kurang mampu dan paling terdampak dengan Covid-19. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini