-->
    |

Sumut Operasikan Dua Laboratorium PCR Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah.(foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah memiliki dan mengoperasikan dua laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19. Yakni laboratorium PCR di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera (USU) Jalan Dr Mansyur Medan dan RS Umum Haji Adam Malik Jalan Bunga Lau Medan.

Pengoperasian dua laboratorium ini akan mempercepat pengujian spesimen terkait Covid-19, sehingga dapat mendorong dalam percepatan penanganannya.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah di Media Center GTPP Covid-19, kantor Gubernur Sumut, Sabtu (18/04/2020).

Menurut Aris, pengoperasian dua laboratorium ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Sumut dalam mencegah Covid-19.

"Kesungguhan dan peran serta masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini juga sangat diharapkan," katanya.

Aris mengingatkan masyarakat untuk selalu menghindari kontak langsung dengan orang lain. Hindari tempat-tempat kerumunan. Selalu cuci tangan, karena transmisi penyakit ini lebih banyak melalui droplet, batuk, juga akibat bersin yang mengenai benda-benda lain. Dan kemudian secara tidak sadar terpegang dan kemudian dengan tangan yang tercemar ini menyentuh mulut hidung dan mata.

GTPP Covid-19 Sumut mengkonfirmasi data orang yang terpapar Covid-19 hingga 18 April 2020, yaitu jumlah PDP 146 orang, positif 103 orang (79 PCR dan 24 rapid test), meninggal 10 orang dan sembuh 12 orang.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini