|

Pemulangan TKI Harus Jadi Perhatian Dalam Pencegahan Wabah Covid-19


INILAHMEDAN - Jakarta : Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan perintah kepada Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilah, sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang.

Panglima memerintahkan agar pengurusan pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dijadikan salah satu perhatian dalam upaya pencegahan dan percepatan penanganan virus corona, baik melalui perairan maupun daratan.

Perintah tersebut disampaikan melalui telekonferensi sebagaimana dikutip dari FAJAR.co.id, Rabu (15/04/20).

" Yang tentunya dalam pelaksanaan penanganan TKI agar melibatkan unsur ‘stakeholder’ (pemangku kepentingan) terkait,” ujar Panglima.

Panglima menyampaikan, terdapat 39 bekas anak buah kapal (ABK) KM Kelud yang dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang karena terindikasi Covid-19.

Ia juga menjelaskan, untuk TKI yang dinyatakan sehat akan dilakukan pemulangan ke daerahnya masing-masing.

" TKI yang berada di Pulau Jawa rencananya akan dikembalikan menggunakan KRI Angkutan Laut,” ucapnya.

Di sela itu, Panglima memberikan apresiasi kepada seluruh Prajurit TNI atas kinerja penanganan Covid-19 dan berharap kerja keras bersama ini akan berhasil.

Telekonferensi Pangdam I/BB dengan Panglima TNI dihadiri oleh beberapa pejabat TNI yang terlibat penanganan Covid-19 khususnya terkait arus keluar masuk di wilayah perbatasan, dalam hal ini adalah TKI. (imc/joy)
Komentar

Berita Terkini