-->
    |

Ketum Satu Hati: Patuhi Imbauan Pemerintah Pakai Masker di Luar Rumah

Ketua Umum Satu Hati Sartjipto King

INILAHMEDAN - Medan: Ketua Umum Satu Hati Sartjipto King mengingatkan masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah memakai masker saat terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Hal itu diungkapkannya kepada wartawan, Selasa (07/04/2020).

Pria yang akrab disapa Aking ini juga berharap agar masyarakat menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali dan tidak menggunakan masker bedah dan N95 yang hanya sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis.

“Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita berada di luar rumah. Masker kain bisa dicuci dan dipakai berkali-kali,” papar Aking.

Namun, ujar Aking, masker kain yang habis dipakai hendaknya langsung dicuci. “Begitu tiba di rumah langsung rendam masker kain menggunakan cairan pembersih atau deterjen,” ujarnya.

Penggunakan masker kain, ujar Aking, selain aman juga dapat menghemat karena dapat dibuat sendiri di rumah baik secara manual maupun menggunakan mesin jahit. Aking menyarankan agar masker kain dibuat tiga lapis.

“Berdasarkan anjuran dari Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Wiku Adisasmito, masker kain yang dibuat tiga lapis dapat menangkal penyebaran virus corona hingga 70 persen. Ini tentu merupakan penghematan dari pada harus membeli,” ujarnya.

Aking juga berencana Satu Hati ikut meringankan beban masyarakat menghadapi wabah Covid-19 ini.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan masker, paket sembako serta nasi kotak kepada warga di lingkungan Jalan Tangguk Bongkar," kata Aking.

Penyemprotan disinfektan akan dilakukan Kamis (09/04/2020), sedangkan pembagian sembako, masker dan nasi kotak akan dilakukan Minggu (12/04/2020).

Kegiatan ini, kata Aking, merupakan bentuk kepedulian Satu Hati terhadap masyarakat yang saat ini sedang berjuang menghadapi virus corona.

"Intinya kami selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk sama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Kegiatan ini, ujar Aking, dilaksanakan berdasarkan kerja sama Satu Hati dengan Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) dan Polres Medan Area.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Ketua Umum MPI Meherban Shah dan Kapolres Medan Area Kompol Faidir untuk melakukan kegiatan ini. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini