|

Dirut BPJS Kesehatan Pastikan FKTP Mitra Beri Perhatian Khusus Antisipasi Virus Corona


INILAHMEDAN - Medan: Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Efendi meninjau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kota Medan, Rabu (04/03/2020).

Fachmi memastikan upaya penanganan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) apabila ada yang terindikasi diagnosis penyakit akibat virus corona atau Covid-19.

Sehari sebelumnya, Dirut BPJS Kesehatan membuat surat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan seluruh Indonesia tentang hal ini. Untuk memastikan pelaksanaan isi surat itu di lapangan, Fachmi mengunjungi klinik Medan Medical Center (MMC).

Direktur Klinik MMC dr Budi Esnizar mengungkapkan sudah menerima imbauan dari BPJS Kesehatan untuk memastikan penanganan virus corona. Ia juga sudah juga menginstruksikan jajarannya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS yang datang untuk terus menerapkan pola hidup bersih sehat sebagai bentuk kewaspadaan terhadap menularnya penyakit tersebut.

“Klinik MMC juga telah menyiapkan penatalaksanaan pelayanan serta kewaspadaan terhadap virus corona. Begitu kita temukan langsung kita hubungi pihak rumah sakit rujukan untuk menjemput apabila ada pasien suspect virus corona,” kata Budi.

Saat di klinik MMC, Fachmi melakukan dialog dengan pasien yang sedang berobat. Ia juga mengimbau kepada pengelola klinik dan tenaga medis agar melayani peserta JKN-KIS dengan sebaik-baiknya serta mengikuti prosedur dengan benar.

Dalam kesempatan tersebut, Fachmi juga melakukan kunjungan ke Puskesmas Teladan, Kota Medan.

Dalam kunjungan tersebut dia mengajak peserta JKN-KIS khususnya peserta klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang kebetulan hadir di Puskesmas Teladan untuk download aplikasi Mobile JKN.

Menurutnya, dengan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN peserta akan mendapatkan kemudahan dalam pelayanan administrasi bagi Peserta JKN-KIS termasuk di dalamnya terdapat fitur pendaftaran layanan secara online.(imc/fat)
Komentar

Berita Terkini