|

Pemerintah Jamin WNI Dari Wuhan Tak Membahayakan


INILAHMEDAN - Jakarta : Menkopolhukam Mahfud MD didampingi Mendagri HM Tito Karnavian mengatakan pemerintah menjamin pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Cina yang kini dikarantina tak membahayakan masyarakat di Natuna.

Hal tersebut disampaikan pada konferensi pers usai melakukan pertemuan dengan Bupati Natuna,  di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Selasa (04/02/20).

" Pemerintah menjamin bahwa penyelesaian pemulangan warga negara Indonesia itu dilakukan dengan aturan, tidak membahayakan masyarakat Natuna dan Bapak Menkes menjaminkan badannya untuk bertindak lebih dulu dari pada menghadapi risiko-risiko, jadi lebih tinggi dari sekadar menjamin," kata Menkopolhukam.

Menkopolhukam juga meminta masyarakat terutama di Natuna untuk memperbaharui informasi dan jangan mempercayai berita bohong yang memprovokasi.

" Diharapkan masyarakat, Pemda dan tokoh-tokoh pemuda di Natuna sering mengecek informasi untuk tidak percaya pada berita bohong, hoaks, yang bisa mendramatisir masalah yang sebenarnya tidak ada apa-apa," jelasnya.

Namun begitu, ia mengaku adanya miskomunikasi yang terjadi dengan Pemerintah Daerah Natuna diakibatkan karena perkembangannya yang dinamis dan cepat.

" Memang terjadi semacam miskomunikasi, bukan keterlambatan informasi, karena pemerintah begitu mendapat Green light (lampu hijau) untuk memulangkan saudara-saudara kita WNI, langsung mengambil langkah cepat mengambil tempat di Natuna yang dianggap tepat dan mudah," ungkapnya.

Di samping itu, pemerintah juga menjamin WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat, tetapi perlu dilakukan beberapa tindakan sesuai standar internasional.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Bupati Natuna dan Wakil Bupati Natuna, Ketua DPRD Natuna, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Natuna. (*/joy)
Komentar

Berita Terkini