-->
    |

Kecab II PD Pasar Pimpin Penertiban Lapak Pedagang di Pasar Kwala Bekala


INILAHMEDAN - Medan: Kepala Cabang (Kacab) II PD Pasar Kota Medan Jalil Muhammad memimpin penertiban lapak-lapak pedagang yang menyalahi aturan di Pasar Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Selasa (14/01/2020).

Penertiban yang lebih mengedepankan cara-cara persuasif dan juga imbauan itu melibatkan Ketua Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Medan (P3TM) Perwakilan Pasar Kwala Bekala Yunus Ginting, Kepala Pasar Kwala Bekala M Prananta Ginting, Kabag Penertiban dan Keamanan PD Pasar Irwan dan Wakil Ketua Koordinator Operasional Lapangan mewakili pihak pengelola Petrus Sembiring.

Menurut Jalil Muhammad, ada sejumlah lapak pedagang yang ditertibkan lantaran berdiri memakan badan jalan di lingkungan pasar sehingga mengganggu kenyamanan pembeli untuk datang berbelanja karena terlihat kumuh. Kata Jalil, penertiban ini merupakan atensi serta arahan dari Dirut PD Pasar Kota Medan Drs. Rusdi Sinuraya yang wajib dilaksanakan demi kenyamanan pedagang itu sendiri.

"Lapak-lapak ini yang perlu kita tertibkan. Tenda-tenda juga kita turunkan biar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat yang berbelanja. Penertiban kita lakukan dengan cara-cara persuasif sehingga pedagang tidak keberatan," kata Jalil Muhammad.

Sebelum melakukan penertiban, Jalil dan jajarannya terlebih dahulu melakukan pendekatan kepada pemilik lapak yang menyalahi aturan.

"Setelah kita beri pemahaman dan inbauan-imbauan, para pedagang pada prinsipnya tidak keberatan," katanya.

Sebelum ditertibkan, kata Jalil, ruas jalan di lingkungan pasar sangat sempit sehingga lalu lalang kendaraan sulit masuk. Bahkan pasar terlihat kumuh. "Penertiban ini juga bagian dari mayoritas pedagang sehingga lekas ditanggapi pak Dirut," kata Jalil.

Sementara Ketua Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Medan (P3TM) Perwakilan Pasar Kwala Bekala Yunus Ginting sangat mengapresiasi langkah Dirut PD Pasar Medan Rutin mengarahkan anggotanya melakukan penertiban lapak pedagang yang menyalahi aturan.

"Ini sangat kita apresiasi. Lagian ini untuk kepentingan pedagang juga. Dengan pasar yang nyaman, pembeli pun senang berbelanja. Dan omset penjualan pedagang pun naik," kata Yunus Ginting.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Koordinator Operasional Lapangan mewakili pihak pengelola Petrus Sembiring. Menurut dia, langkah PD Pasar Medan dalam melakukan penertiban perlu didukung. "Sebab kenyaman pembeli adalah yang paling utama. Artinya pembeli tenang, pedagang senang. Kita juga mengimbau pedagang untuk lebih peduli menjaga kebersihan pasar sebagaimana slogan yg diciptakan oleh Pak Dirut PD Pasar. 'Medan rumah kita Pasar Rumahnya Pedagang'," katanya.

Petrus menambahkan, keberadaan mereka selama ini jauh berbeda dengan dahulu. "Saat ini kita bekerja 24 jam dalam melakukan pengamanan Pasar Kwala Bekala. Kalau dulu kita cuma jaga malam saja. Kita juga berupaya menciptakan situasi pasar yang aman sebagaimana keinginan PD Pasar Medan," katanya.

Kabag Penertiban dan Keamanan PD Pasar Medan Irwan menambahkan keberadaan pihak pengelola keamanan di pasar tradisional sangat membantu program kerja PD Pasar di bidang keamanan.

"Artinya kami selaku bagian penertiban dan keamanan PD Pasar sangat terbantu. Sebab puluhan pasar setiap hari harus kami awasi," katanya diamini Kapas Kwala Bekala M Prananta Ginting.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini