|

Anggota Satgas dan Warga Temukan Turis Yang Hilang Seminggu


INILAHMEDAN - Kalimantan : Wisatawan mancanegara asal Australia, Stephen Leonard Camkin beserta tour Guid, Mukhtar yang hilang di hutan selama satu minggu lebih, berhasil ditolong anggota TNI Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 303/SSM Kostrad.

Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI dan Malaysia (MLY), menemukan korban dalam kondis drop.

“Kedua wisatawan tersebut tersesat selama satu minggu lebih di dalam hutan karena ditinggalkan begitu saja oleh pemandu wisata Desa Long Layu," ujar Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif R 303/SSM Kostrad Letkol Taufik Ismail, Sabtu (04/02/20).

Hanya dengan dibekali logistik yang terbatas, ketika sedang akan berwisata hutan di daerah Long tua, Desa Apaupung, kecamatan Bahau Ulu Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Menurutnya, kabar adanya seorang wisatawan dan seorang Tour Guide hilang di dalam hutan berawal dari informasi Kepala desa Apauping kepada Komandan SSK I Pos Apauping Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad Lettu Suhendra.

Kemudian 8 anggota Satgas dipimpin Serda Satria Situmorang bersama warga langsung melakukan pencarian pada kamis (01/01/20).

“Selanjutnya bersama-sama dengan warga, anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran sungai bahau untuk melakukan pencarian,” jelasnya.

Dalam pencarian, ditemukan dua wisatawan di hulu Sungai Bahau dalam kondisi drop dan langsung mengevakuasinya serta diistirahatkan dikediaman Kepala Desa Apauping sekaligus menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polres Malinau. (rel/joy)
Komentar

Berita Terkini