|

Peran Media Berperan Aktif Menyemarakan Pesta Demokrasi


INILAHMEDAN - Medan: Peran media sangat besar mengajak masyarakat terlibat aktif dalam pesta demokrasi. Ini telah terbukti saat Pemilu Legislatif dan Presiden di mana tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Medan, Agussyah, Senin (02/12/2019) usai menghadiri acara pembentukan Media Center KPU Medan.

Pada pembentukan Media Center, secara aklamasi Amru Lubis terpilih sebagai koordinator dan Jonris Purba selaku sekretaris.

Didampingi para komisioner KPU Medan, Edi Suhartono, Zefrizal dan Rinaldi Khair, Agus mengatakan bahwa media menjadi salah satu stakeholder yang penting bagi jalannya Pilkada Medan 2020.

Agus menjelaskan, persoalan informasi merupakan bagian yang sangat penting seiring berjalannya tahapan-tahapan Pilkada di Kota Medan.

"Media massa ini menjadi mitra penting untuk mengedukasi masyarakat dan juga menghempang berbagai informasi bohong atau hoaks yang sangat merugikan kita semua," ujarnya.

Agus menceritakan pengalaman mereka beberapa waktu lalu saat KPU Medan diserang isu bohong atau hoaks. Saat itu, menurutnya, mereka sangat terganggu dengan munculnya isu hoaks tersebut.

"Dan klarifikasi melalui media massa inilah yang kami harapkan dapat menghempang hoaks itu," ungkapnya.

Sementara anggota KPU Medan Rinaldi Khair mengatakan dalam menjadi mitra, kalangan media diharapkan tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan seputar tahapan Pilkada. Artinya, menurut Rinaldi, media massa harus tetap berjalan pada koridor yang sesuai dengan fungsi pers.

"Kepercayaan publik kepada KPU selaku penyelenggara maupun kepada para calon kuncinya adalah transparansi dari media itu sendiri," ungkapnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini