|

Akhyar Resmikan Bank Sampah Puspa


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution meresmikan The Grade Clean dan Gold Bank Sampah Pusat Pasar (Puspa) di Jalan Thamrin, Kelurahan Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Senin (25/11/2019).

Kehadiran Bank Sampah Puspa yang diinisiasi PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan sangat diapresiasi Plt Wali Kota. Sebab dinilai sangat positif dalam membangun kepedulian masyarakat sehingga dapat memanfaatkan sampah yang selama ini dianggap sebagai masalah menjadi bernilai sangat ekonomis.
Ditambah lagi, sampah yang ada di bank sampah ini sudah dipilah menurut jenisnya sehingga sangat efektif mengurangi sampah yang kian hari semakin meningkat.

Dikatakan Akhyar, Kota Medan setiap harinya menghasilkan sebanyak 2.000 ton sampah setiap harinya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.500 ton sampah telah diangkut Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Lalu, 300 ton sampah telah diambil goni botot, termasuk sejumlah bank sampah dan 50 ton sampah lagi diambil para pemulung.

Sisanya yang 150 ton lagi, ungkap Akhyar, disembunyikan masyarakat di lahan-lahan kosong sehingga menyulitkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengangkutnya.

"Sampah yang 150 ton ini baru ketahun setelah menumpuk dan menyebarkan bau busuk. Selain ditumpuk di lahan kosong, sampah itu juga dibuang ke parit maupun sungai. Inilah yang menjadi kendala kita selama ini," kata Akhyar.

Oleh karenanya Akhyar mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan dengan menghadirkan Bank Sampah Puspa.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini