-->
    |

Samsul Qodri Prioritaskan Program Wong Cilik, Ini Kata Pengamat

Samsul Qadri Marpaung

INILAHMEDAN - Asahan: Bakal calon Bupati Asahan Samsul Qodri Marpaung mengatakan dirinya akan lebih memprioritaskan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat kecil (wong cilik) jika diberi amanah mempin Kabupaten Asahan lima tahun ke depan.

"Program 'Wong Cilik' menjadi prioritas saya," kata Samsul Qodri Marpaung saat membuka Turnament Catur tingkat kecamatan di Kisaran, Sabtu (02/11/2019).

Beberapa program Samsul Qodri yang berpihak kepada masyarakat menengah ke bawah di antaranya tentang harga kebutuhan pokok yang murah dan dana Corporate Social Rensponsibility (CSR) dari setiap perusahaan swasta dan BUMN harus benar-benar tersalur untuk kepentingan masyarakat kecil.

"Artinya, jika pasangan Samsul Qodri - Bahtiar (Saqti) terpilih pada Pilkada Asahan 2020 mendatang program-program itu akan lekas direalisasikan," katanya berjanji.

Menurut Samsul, jumlah dana CSR dari perusahaan swasta dan milik pemerintah di Asahan sebenarnya cukup besar. Hanya saja pengelolaan dana itu tidak tersalur dengan baik, khususnya untuk kepentingan masyarakat kecil.

"Hal-hal seperti ini kan perlu ditertibkan," kata Samsul yang mengaku abang kelas Ustadz Abdul Somad ini.

Di bidang perkebunan, Samsul akan melakukan penyesuaian tanaman pokok dengan struktur tanah yang ada di Asahan dan tidak semuanya harus menanam sawit.

"Tentu berbeda kualitas tanaman sawit bila ditanam di Kecamatan Sei Kepayang dengan tanaman sawit di Kecamatan Mandoga dan Bandar Pulau. Kalau sawit ditanam di kawasan tak jauh dari pantai contohnya di Sei Kepayang tentu lebih berkualitas jika sawit ditanam di daerah dataran tinggi seperti Kecamatan BP Mandoge dan Kecamatan Bandar Pulau. Sebab tingkat keasaman di dataran tinggi lebih tinggi sehingga mempengaruhi kualitas buah sawit itu sendiri," kata Samsul yang mengaku memiliki pengalaman dalam sejumlah perjalana studi banding di luar negeri saat ia menjabat empat periode sebagai anggota DPR kabupaten dan provinsi.

Praktisi hukum Tripurno Widodo mengatakan semua gagasan bakal calon Bupati Asahan jangan hanya sebatas teori tapi perlu direalisasikan jika terpilih memimpin Asahan.

"Gagasan-gagasan bagus sering muncul menjelang Pilkada. Tapi harapan kita gagasan itu direalisasikan jika mereka terpilih," kata Tripurno Widodo.(imc/zainal)



Samsul Qodri Marpaung

Komentar

Berita Terkini