|

Rusdi Sinuraya dan Jajaran PD Pasar Bersihkan Bantaran Sungai Babura


INILAHMEDAN - Medan: Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya memimpin jajarannya melakukan pembersihan bantaran Sungai Babura di belakang Pasar Padang Bulan Jalan Kapten Pattimura Medan, Minggu (03/11/2019). Gotong-royong dirangkai dengan pemancangan plank sebagai imbauan dilarang membuang sampah ke sungai.

Kegiatan ini dilakukan tidak saja untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kawasan Pasar Padang Bulan, tapi juga sebagai bentuk tanggung jawab jajaran PD Pasar Medan terhadap kelestarian lingkungan.

Menurut Rusdi, kegiatan gotong-royong untuk memberikan pemahaman kepada pedagang agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. 

"Para pedagang juga harus bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan di sekitar pasar," kata Rusdi.

Gotong-royong ini, sebut Rusdi, merupakan upaya PD Pasar untuk menjadikan seluruh pasar tradisional di Medan sebagai rumah bagi pedagang. Untuk itu, seluruh pedagang harus menjadikan pasar sebagai rumahnya yang aman, nyaman, bersih dan tertib.

Pada kesempatan tersebut Rusdi juga memberikan pemahaman kepada pedagang bahwa pasar adalah tempat pedagang mencari rezeki untuk menghidupi keluarganya. Untuk itu pedagang juga harus menjaga tempatnya berjualan, karena di pasar inilah tempat pedagang mencari penghasilan untuk masa depan keluarganya.

"Jika kita sudah berhasil untuk mewujudkan pasar sebagai rumah bagi pedagang, saya yakin seluruh pasar tradisional di Medan akan menjadi lokasi transaksi yang aman dan nyaman. Inilah tujuan saya sejak awal menjabat sebagai Dirut PD Pasar Medan," ujar Rusdi.

Usai gotong-royong, Rusdi juga melakukan pemancangan tanda larangan untuk membuang sampah ke Sungai Babura. Selain pemancangan tanda larangan, Rusdi juga membuat beberapa spanduk berisi kata-kata imbauan agar para pedagang tidak membuang sampah secara sembarangan.

Pemancangan tanda larangan membuang sampah ke sungai itu, menurut Rusdi, juga menjadi titik awal bagi pedagang untuk bisa hidup lebih bersih. Terlebih ke sungai. 

"Ini merupakan titik awal tekad kita untuk menjadikan sungai sebagai sumber kehidupan dan kelestariannya perlu dijaga," katanya.

Selain pemancangan tanda larangan membuang sampah, seluruh jajaran juga melakukan pembersihan bantaran Sungai Babura. Semak berupa tanaman rambat dibersihkan. Ke depan lokasi ini akan ditanami oleh tumbuhan yang menghasilkan seperti jagung dan lain-lain. Sehingga banyaran sungai ini menjadi indah dan sedap dipandang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Operasional PD Pasar, para kepala cabang serta seluruh staf PD Pasar Medan dan Pasar Padang Bulan. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini