|

Desa Melati II Gelar Pelatihan Program Edukasi Tani


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Desa Melati II, Kecamataan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menggelar Pelatihan Program Inkubasi Inovasi Desa - Peningkatan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) di Panteng Kleset, Dusun Sri Tontong II, Desa Melati, Rabu (14/08/2019). Kegiatan ini dicanangkan Kementerian Desa (Kemendes) RI selama dua hari.

Kasi Pengembanan Ekonomi Kreatif Parawisata Dinas Pemuda Olahraga dan Wisata Budaya (Poraparbud) Sergai Nur Intan Siregar selaku narasumber memaparkan tentang pelatihan usaha Homestay untuk masyarakat Wisata Tani.

Menurut dia, bisnis Homestay sangat efisien dalam mengurangi angka kemiskinan pada masyarakat daerah pedesaan dengan menyewakan rumahnya serta membuka lapangan kerja.

Pelatihan tersebut dihadiri Inkubator, Ketua LKMD Dani Syafrizal dan Ketua TPKK Desa Melati II Suriani Supardi, Ketua Pokja Samsul Sijabat, Camat Perbaungan Benny Saragih, perwakilan Kadis Poraparbud Sudarno, Pendamping Desa Kecamatan Abdul Rahman dan Nita Yulinda, para mahasiswa PKL Unimed dan kader Karang Taruna.

Sementara Rahmad Asra dari Bidang Parawisata Poraparbud juga memaparkan tentang pemakaian jasa guide yang menjadi petunjuk jalan, teman berbicara, memberi bantuan serta memandu menuju tempat parawisata.

Suyitno atau sering dipanggil Pak Gareng, seorang tenaga kreatif memaparkan tentang hasil kerajinan tangan dari sampah organik dan cara pembuatan kerajinan tangan dari bahan bambu untuk pembuatan miniatur sampan.

Kepala Desa Melati II Supardi memaparkan tentang Desa Melati II yang akan menjadikan Desa Wisata Tani. Menurut dia, ada empat lokasi yang bisa mendatangkan wisatawan di antaranya Panteng Kleset di Dusun Tontong 2 Wisata Tani, ada 6 unit ATF sumbangan dari Kemendes dan lokasi Wisata Keluarga. (imc/dipa)


Komentar

Berita Terkini