|

Wabup Sergai Buka Pelatihan Vocational Daerah Perbatasan


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Wakil Bupati Serdangbedagai (Sergai) Darma Wijaya membuka pelatihan Vocational Daerah Perbatasan Tahun 2019 dimulai pada 18 - 20 Juli di aula Then Park Pantai Cermin, Sergai, Kamis (18/07/2019).

Darma Wijaya mengatakan pelatihan vocational atau pendidikan kejujuran sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat. Apalagi saat ini pemerintah fokus untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa sesuai dengan nawacita Presiden RI.

Pelatihan di daerah perbatasan khususnya bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin, kata Darma, difokuskan pada pelatihan kerajinan membatik (batik tulis dan batik cap) dan pembuatan tas berbahan baku lidi. Ini didasari karena berlimpahnya bahan baku pewarna alami untuk bahan pewarna batik yang berasal dari pohon mangrove dan mengkudu yang banyak terdapat di sepanjang pesisir pantai dan dataran di Sergai.

"Semoga pelatihan ini menjadi inspirasi untuk meningkatkan usaha menjadi lebih krearif dan inovatif," harap Darma.

Sementara  Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Nasrul Aziz menyebutkan pelatihan  ini berupa pelatihan kerajinan membatik dengan jumlah peserta berjumlah 30 orang dan  pelatihan pembuatan tas berbahan baku lidi dengan peserta 30 orang. Peserta berasal dari anggota koperasi dan UMKM di Kecamatan Tanjung Beringin yang merupakan lokasi prioritas perbatasan. (imc/yuka)

Komentar

Berita Terkini