|

Kapolri Resmikan Mapolda Kaltara


INILAHMEDAN - Kalimantan Utara: Kapolri Jenderal Tito Carnavian meresmikan gedung Mapolda Kalimantan Utara (Kaltara), SPN dan RS Bhayangkara di aula Command Center, Mapolda Kaltara, Kamis (18/07/2019). Kapolri tbersama rombongan tiba di sana menggunakan Helikopter Dauphin yang disambut tarian adat Dayak.

Selain itu Kapolri juga menerima penganugerahan gelar adat. Nama yang diberikan yaitu Uyau Abeng Lihan Padan yang artinya seorang panglima yang gagah berani dan pemimpin besar masyarakat. Gelar adat diberikan Lembaga Adat Dayak Kaltara berdasarkan rapat adat dan dibuat surat keputusan.

Kapolri menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kaltara, pemda, pemprov hingga pihak swasta atas kontribusinya dalam pembangunan Polda Kaltara. Kapolri menjelaskan, pembangunan Mapolda Kaltara anggarannya bukan dari pusat. Tapi berasal dari masyarakat, pemda dan pemprov serta swasta atau bisa disebut urunan.

“Sejarah ini tidak boleh hilang, untuk itu saya juga perintahkan jajaran polda untuk membuat prasasti di depan polda, sehingga generasi ini dan berikutnya bisa malu hati dan tidak pantas untuk menyombongkan diri kepada masyarakat,” tegas dia.

Dalam kunjungan kerjanya di Kaltara kali ini, Kapolri juga memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang telah berpartisipasi mendukung pembangunan Polda Kaltara. Penghargaan diberikan kepada Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Bupati Bulungan Sudjati, Bupati Nunukan Asmin Laura, Bupati Tana Tidung Undunsyah, Bupati Malinau Yansen T.P dan Wali Kota Tarakan Khairul. Sementara Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit  menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kapolri meresmikan Mapolda Kaltara. (imc/zoy)




Komentar

Berita Terkini