|

Hadiri Perayaan Waisak, Gubernur Edy Ajak Umat Budha Introspeksi Diri


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan selamat merayakan Waisak 2563 BE/2019 kepada seluruh umat Budha di Sumut. Edy mengajak umat Budha memanfaatkan momen Waisak untuk introspeksi diri.

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi ketika menghadiri perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Yayasan Mohan Vihara Loka Shanti, Jalan Karya Pembangunan, Medan, Minggu (19/05/2019).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saya ucapkan selamat merayakan Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Budha di Sumatera Utara,” ujar Edy.

Edy mengatakan, Hari Raya Waisak dapat menjadi salah satu momen bagi umat Budha untuk instrospeksi diri agar umat Budha dapat menjalankan ajarannya.

“Serta mengenal Tuhannya, mengetahui sifat-sifat-Nya, sehingga itulah yang menjadi panutan umat Budha,” katanya.

Umat Vihara Loka Shanti tersebut mayoritas beretnis Tamil yang sudah lama menetap di Kota Medan. Edy pun bercerita tentang lokasi vihara tersebut adalah kampungnya.

“Saya tahu ini, salah satu kampung ini dari kecil, makanya saya tak asing dengan orang Tamil, saya main di sini, saya kenal di sini,” kenang Edy.

Ketua Yayasan Mohan Vihara Loka Shanti Wimla Kirti mengatakan, selama ini orang memang mengetahui etnis Tamil beragama Hindu, Islam, dan lainnya. Jarang ada yang mengetahui etnis Tamil juga ada yang beragama Budha.

“Inilah kami masyarakat Budhist Tamil, yang ada memang selama ini orang mengetahui Tamil itu beragama Hindu atau Muslim, tapi inilah kami,” kata Wimla.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Sumut Eddy Sujono Setiawan mengapresiasi kedatangan Gubernur dalam perayaan Waisak di Vihara Loka Shanti. Kata Eddy, Vihara Loka Shanti adalah salah satu dari 105 vihara yang berada di bawah naungan MBI.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini