|

DPRD Medan Kritisi Kinerja PD Pasar

Anggota DPRD Medan Rajuddin Sagala 

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Rajuddin Sagala menilai persoalan pasar di Kota Medan tidak kunjung tuntas mulai dari repitalisasi, Pedagang Kaki Lima (PKL) serta kesejahteran pedagang.

Politisi PKS ini juga mengatakan pelayanan PD Pasar dalam mengelola lebih 50 pasar tradisional di Kota Medan belum maksimal.

"Sejumlah masalah muncul terkait pengelolaan pasar tradisional yang dilakukan PD Pasar. Padahal Pemko Medan dan PD Pasar sudah memiliki rujukan Perda No 10 Tahun 2014 tentang Perusahaan Daerah Pasar sebagai landasan mereka untuk menjalankan kebijakan," katanya Senin (29/04/2019).

Diakui Rajudin, permasalahan di pasar dari tahun ke tahun selalu sama. Jika tidak masalah PKL pastinya masalah pengelolaan kios, sampah, keamanan dan parkir.

"Masalahnya tidak pernah tuntas. DPRD kerap menerima sejumlah laporan," ujarnya. Dia menyesalkan selama ini PD Pasar sama sekali tidak punya terobosan dalam menuntaskan sejumlah persoalan.

Dikatakan Rajudin, PD Pasar juga diberi kewenangan membina pedagang pasar, membantu menciptakan stabilitas harga dan kelancaran distribusi barang di pasar.

Dengan sudah jelasnya tugas pokok ini, PD Pasar seharusnya tidak memiliki alasan lain terkait ketidakberhasilan mengelola pasar. "Buruknya pengelolaan pasar, berarti mereka tidak mampu menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada mereka sesuai Perda yang sudah ada," paparnya.

Kedepan, Rajudin mengharapkan Pemko Medan dan PD Pasar bisa benar-benar bersinergi untuk menggali potensi besar di Pasar bagi pembangunan Kota Medan.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini