|

Resmikan RTH Binjai, Gubernur Edy: Penataan Lingkungan Jadi Prioritas


INILAHMEDAN - Binjai: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan Provinsi Sumatera Utara hanya punya sedikit dari ruang terbuka hijau (RTH). Karena itu program penataan lingkungan menjadi prioritas.

Usai meresmikan dan meninjau Taman RTH Dewi Sri di kawasan Jembatan Kembar, Jalan Sudirman Kota Binjai, Gubernur Edy menyebutkan pentingnya membangun atau mengembalikan satu kawasan tertentu menjadi asri. Sebab pada dasarnya manusia membutuhkan udara bersih yang juga diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan.

"Manusia ini kan punya paru-paru. Jadi RTH itu sudah diatur dalam Undang-undang bahwa satu kota itu minimal (30 persen) ada berapa persen. Kalau kita lihat di Sumatera Utara ini kita masih sedikit," ujar Gubernur Edy, Rabu (06/03/2019).

Dengan begitu, lanjut Edy, nantinya kawasan yang memungkinkan untuk dibangun atau dikembalikan menjadi RTH akan terus dilakukan. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan untuk rakyat meski Edy tidak menafikan bahwa aktifitas ekonomi seperti kawasan perdagangan juga faktor penting.

"Sehingga nanti kita prioritaskan, kita atur tempatnya di mana untuk perdagangan, tempat rekreasi rakyat dan hutan-hutan hijau dalam kota. Ini akan kita tata kembali, sehingga kita sehat, sejahtera dan bermartabat," lanjutnya.

Sementara Wali Kota Binjai HM Idaham berterima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah membangun RTH yang menjadi bagian dari keindahan wajah kota. Sehingga pihaknya berharap terus dikembangkan dan dilanjutkan agar bisa menjadi kota yang nyaman untuk masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Taman RTH Dewi Sri dibangun di area seluas 1.417 m2 di Jalan Jendral Sudirman Binjai sepanjang 250 m bantaran sungai. Fasilitas tersebut terdiri atas taman, jogging track, tempat duduk, toilet. Dibatasi pergola dan tanaman merambat untuk menjamin keamanan pengunjung.

Taman ini juga dilengkapi videotron untuk menampilkan berbagai informasi yang perlu diketahui masyarakat. Selain menawarkan keindahan dan pemandangan tepi sungai, taman dilengkapi seni mural yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Warga dapat bersantai, berolah raga dan berbincang serta berswafoto di sana.

Peresmian RTH ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, bersama Wakil Ketua Tim PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Ketua Tim PKK Kota Binjai Lisa Andriani. Serta penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang didampingi Wali Kota Binjai HM Idaham.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini