-->
    |

Puluhan Ribu Warga Medan Dipastikan Belum Terdaftar PKH

Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis memastikan ada puluhan ribu warga Kota Medan yang masuk kategori miskin belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH).

Politisi PPP ini meminta pemerintah setempat melakukan pemutakhiran data agar warga miskin segera mendapatkan haknya. 

"Kita minta Badan Pusat Statistik (BPS) segera melakukan pemutakhiran data untuk PKH," kata Zulkifli, Senin (25/02/2019).

Dia juga kerap menerima keluhan bahwa penerima bantuan sosial sering menimbulkan kesenjangan akibat sistem penyalurannya yang tidak tepat sasaran.

"saya sering menerima informasi ada keluarga yang paling miskin justru tidak dapat, sedangkan yang ekonomi lumayan malah dapat,"katanya.

Zulkifli memaparkan, perda penanggulangan kemiskinan disosialisasikan agar masyarakat khususnya yang tidak mampu mengetahui hak-hak mereka.

"Misal ibu-ibu jika ingin membantu suami mencari nafkah. Buatlah kelompok menjahit atau pelatihan seperti UMKM, nanti anggarannya dibantu oleh pemerintah," kata anggota komisi C DPRD Medan ini.

Zukifli menjelaskan ada beberapa hak yang seharusnya diterima warga kategori miskin dalam PKH. Yakni hak atas kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, modal usaha, perumahan, air bersih dan sanitasi yang baik, hak mendapat lingkungan yang baik, hak atas perlakuan atau ancaman dan tindak kekerasan serta hak untuk partisipasi dalam kehidupan sosial ekonomi dan politik.

"Tahun ini Kota Medan sudah menambah sekitar Rp21 miliar untuk KIS dan warga yang memperolehnya bertambah sekitar 80 ribu jiwa. Bagi warga yang ingin mendapat KIS PBI, silahkan lapor ke kelurahan menyertakan KTP, KK dan minta SKTM agar ditindaklanjuti," paparrnya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini