|

Kunjungi Geosite Danau Toba, Ini Saran Wagub Ijeck ke Hidayati


INILAHMEDAN - Parapat:  Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck berkunjung ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di open stage Geosite Sibaganding, Parapat, Simalungun, Sabtu (12/01/2019).

Dalam kunjungannya, Wagub Ijeck didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu Faisal Hasrimy serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hidayati.

Menurut Ijeck, untuk mempromosikan kawasan wisata Danau Toba perlu adanya kerja keras dari semua stakeholder dan pemerintah daerah setempat.

Ijeck juga sangat mengapresiasi kemajuan dan usaha yang telah dilakukan dalam mengembangkan kawasan Danau Toba. Begitu juga dengan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka menjadikan Danau Toba sebagai salah satu situs UNESCO Global GeoPark (UGG) Kaldera Toba.

Kepada Hidayati selaku Kepala Disbudpar Provsu, Ijeck berpesan agar terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan promosi dengan cara-cara kreatif, termasuk melalui media sosial. Sehingga, semakin banyak masyarakat di luar Sumut bahkan luar negeri, yang tertarik untuk berkunjung.

“Variasikan cara promosi, bisa juga melalui leaflet ataupun brosur dan agenda pariwisata yang dibagi ke hotel-hotel di Sumut maupun di luar Sumut. Jadikan Geosite di kawasan Danau Toba sebagai situs destinasi wisata internasional, "ujarnya.

Ke depannya, Ijeck berharap dapat merencanakan untuk membangun museum tentang Kawasan Kaldera Toba sehingga pengunjung dapat lebih mengetahui tentang Kaldera Toba. Jadi, para wisatawan yang sudah jauh-jauh datang berkunjung ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba dapat mengetahui lebih banyak tentang Kawasan Danau Toba.

Hidayati sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan Wagub Ijeck dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan upaya sosialisasi dan promosi. 

“Kepada masyarakat Sumut, kami juga sangat beharap untuk ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Danau Toba. Mengingat Danau Tobaadalah milik kita bersama, kita jaga bersama dan kita kenalkan kepada orang-orang di luar Sumut,” tuturnya.

Hidayati menjelaskan Kaldera Toba mempunyai 20 geosite di antaranya Tongging, Haranggaol, Monkey Forest, Ambarita, Tuktuk, Tomok,  Endapan Danau Sidihoni, Tao Silalahi, Pusuk Bukit dan Tele. Kemudian geosite Sibaganding, Taman Eden, Air Terjun Situmurun, Tipang, Sipinsur, Bakara Tipang, Sibandang, Muara, Hutaginjang dan Balige. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini