|

Stok Darah Libur Tahun Baru Aman


INILAHMEDAN - Medan: Menyambut libur Tahun Baru 1 Januari 2019, UTD PMI Medan menjamin pemenuhan stok darah setiap golongan darah aman. 

"Stok kantong darah rata-rata di atas 2.500 kantong per harinya," kata Kasi Pelayanan Teknik dan BDRS UTD PMI Medan dr Ira Fitrianti Putri Lubis kepada wartawan, Jumat (28/12/2018).

Ia menyebutkan jumlah stok darah di UTD PMI Kota Medan sampai hari ini di angka 3.000 kantong darah dengan pengeluaran dan pemasukan darah yang tetap stabil. Untuk permintaan darah berupa packed red cell (PRC) atau sel darah merah, whole blood (WB) atau darah lengkap, Fresh Frozen Plasma (FFP), Anti Haemophili Faktor (AHF), diyakini aman.

Sedangkan trombosit memang tidak distok dalam jumlah banyak setiap hari mengingat usia trombosit hanya lima hari. Jika ada permintaan maka pihaknya memproses pengolahan trombositnya. 

"Jadi, untuk stok darah Insya Allah sampai habis liburan tahun baru juga masih aman terkendali," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau bagi warga khusus Kota Medan jangan percaya tentang isu dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang menyatakan stok darah di UTD PMI Kota Medan tidak ada atau kosong.

"Jika ada informasi seperti itu segera hubungi call centre UTD PMI Kota Medan ke 0811-6859-888 untuk menanyakan stok darah di PMI setiap saat. Nomor ini aktif 24 jam," tegasnya.

Ia mengingatkan ketersediaan stok darah di rumah sakit tidak sama dengan UTD PMI Kota Medan. Sebab rumah sakit hanya berperan sebagai Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) yang jika stoknya habis bukan berarti stok di PMI juga habis.

Sama halnya seperti Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS), kata dr Ira, juga tidak sama dengan PMI. Contoh UTDRS H Adam Malik atau UTDRS Dr Pirngadi Medan tidak sama dengan stok yang ada di PMI.

"Jadi, lebih baik bagi masyarakat untuk mengetahui stok darah yang ada di PMI boleh langsung saja menghubungi nomor tersebut di atas biar tidak ada penyalahgunaan darah atau menghindari adanya donor darah bayaran seperti dulu," imbaunya.

Berikut jumlah stok darah sehat dari tanggal 27 Desember 2018 pukul 21.00 WIB, stok WB golongan darah A: 653 kantong, B: 914 kantong, AB: 229 kantong, O: 1121 kantong, jumlah total: 2.917 kantong. Stok PRC golongan darah A: 102 kantong, B: 61 kantong, AB: 2 kantong, O: 57 kantong, jumlah total: 222 kantong. 

"Total kantong darah sehat (WB dan PRC) sebanyak 3.139 kantong," tandasnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini