|

Peran Media Penting Antisipasi Berita Keliru di Masyarakat


INILAHMEDAN - Sibolangit: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Sumut dan Aceh menggelar media workshop di Sibolangit, Jumat (14/12/2018).

Workshop ini juga guna mempererat silaturahmi antara BPJS Kesehatan dengan media cetak dan media online di Sumatera Utara (Sumut).

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumut dan Aceh, Maryamah, mengatakan peran media massa saat ini semakin diperlukan guna mengantisipasi adanya misinformasi atau berita-berita keliru yang bergulir di tengah masyarakat.

"Untuk itu BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia memiliki kepentingan untuk dapat menyampaikan informasi secara faktual kepada seluruh pemangku kepentingan terutama kepada peserta dan publik eksternal lainnya," .kata Maryamah.

Kehadiran BPJS Kesehatan dalam mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kata dia, sangat erat hubungannya dengan keterbukaan informasi publik. Di mana prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, dan pelayanan prima dapat diterima masyarakat.

“Di sinilah pers memegang peranan kunci sebagai corong komunikasi antara BPJS Kesehatan kepada masyarakat dan juga guna mempererat hubungan keakraban dengan rekan-rekan pers. Maka BPJS Kesehatan memandang perlu diadakan kegiatan seperti ini yang diharapkan mampu mensosialisasikan berbagai kebijakan dan program pemerintah yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memerlukan media massa sebagai mitra dalam mempublikasikan program kinerja dalam mengelola Program JKN-KIS. Oleh karenanya diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik oleh seorang jurnalis tentang program JKN-KIS dan BPJS Kesehatan. 

“Dengan begitu dapat menyalurkan informasi tersebut dengan benar dan berimbang kepada masyarakat termasuk dalam hal ini terkait perkembangan Program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014,” sebutnya.

Kegiatan yang bertemakan 'Peran Media Dalam Membangun Pemberitaan Yang Berkualitas Untuk Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat' ini dihadiri media di Sumut yang khusus meliput di bidang kesehatan. 

Maryamah juga mengapresiasi dan mengucapan terima kasih kepada insan pers yang telah berkontribusi mengikuti Lomba Testimoni Tahun 2018 yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Utara dan Aceh.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas berita, artikel, tulisan dan foto seputar program JKN-KIS yang telah dimuat di media massa yang selama ini telah membantu kami dalam menyampaikan informasi yang berimbang kepada masyarakat seputar Program JKN-KIS. Baik informasi-informasi terbaru maupun klarifikasi dan penyelesaian atas permasalahan yang terjadi di lapangan," katanya.

Asisten Deputi Perencanaan Keuangan dan Management Resiko BPJS Kesehatan Wilayah Sumut Idris Salman menambahkan kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dan bertujuan untuk bersilaturahmi dan bertukar informasi kepada media di Sumut.

“Selain untuk mempererat silaturahmi, dalam kegiatan ini kami juga membacakan pemenang lomba testimoni mengenai BPJS Kesehatan,” tandasnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini