|

Pelajar Pulau Pinang Studi Banding ke YIC Sumut

Mudir Ma’had YIC Sumut Muin Isma Nasution didampingi Yahya Zakaria, Alwan Simatupang, Marahansan, Irham Taufik dan Hairul Dalimunthe serahkan cinderamata kepada Pengetua SMKA Al Mashoor Pulau Pinang Rozali Bin Mohamad. (imc/eddysta) 


INILAHMEDAN - Medan: Sebanyak 49 pelajar SMKA Al Mashoor Pulau Pinang, Malaysia, berkunjung ke Pesantren Modern Yayasan Islamic Centre (YIC) Sumut di Jalan Selamat Ketaren, Pasar  V, Medan Estate, Senin (10/12/2018).

Pada kunjungan itu selain melakukan kegiatan studi banding, juga  menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Kaligrafi serta pertandingan Green Solar  Cooker (perlombaan  memasak) mie dengan kekuatan sinar matahari. Kegiatan ini diikuti antar pelajar SMKA Al Mashoor dengan pelajar YIC Sumut.

Rozali Bin Mohammad sebagai Pengetua SMKA Al Mashoor yang juga pimpinan rombongan pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus Yayasan Islamic Centre yang menerimanya sebagai tetamu.

Kunjungan itu, kata Rozali, untuk merapatkan ukhuwah Islamiyah, menjalin kebersamaan, sebangsa, seaqidah dan serumpun antar kedua pihak.

“Bila ada kesilapan atau pun kekurang pada kunjungan ini mohon dimaafkan,” pinta Rozali Bin Mohamad.

Sebelumnya Wadir YIC Sumut Irham Taufik mengatakan kunjungan ini merupakan kehormatan bagi YIC Sumut. “Adat istiadat berbeda tetapi kita merupakan satu rumpun," ujar Irham Taufik.

Mudir Ma’had YIC Sumut Muin Isma Nasution mengatakan YIC Sumut berdiri sejak 1981. Mulanya dibuka untuk pendidikan kader ulama khusus untuk Hifzhil Qur’an, semata untuk pria. Kemudian dibangun gedung untuk puteri yang belajar Hafizh Qur’an.

Tetapi, tambah Muin, saat ini sudah memiliki Madrasah Hifzhil Qur'an yang ditargetkan selama 2 tahun selesai.

“Karena ingin disejajarkan dengan pendidikan kurikulum nasional dilanjutkan dengan membuka Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dan terakhir membuka pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Hifzhil Qur’an. target sampai dengan kelas VI hafal 5 Juz," Muin Isma Nasution sambil menambahkan pertandingan  kaligrafi di YIC Sumut diterapkan sebagai pembelajaran extra kurikuler,” katanya.

Acara ditandai dengan penyerahan cindera mata antara kedua pihak. Hadir dalam acara ini Sekretaris Umum YCI Sumut Alwan Simatupang, Sekretaris I, Marahansan, Guru Besar Tahfizh Qur’an Yahya Zakaria, dan Humas Hairul Dalimunthe. (imc/eddysta)




Komentar

Berita Terkini