|

Desa Melati II Sergai Lulus Seleksi Sebagai Desa Wisata Tani


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, melaksanakan kegiatan Pilot Inkubasi Inovasi Desa Peningkatan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) serta pelatihan Pengolahan Kuliner dan Masakan Tradisonal di Balai Tani, Desa Melati II, Dusun Sei Tontong II, Kamis (27/12/2018).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari 27 - 29 Desember 2018 dalam rangka mewujudkan "Desa Wisata Tani dan Peningkatan Ekonomi Lokal".

Hadir pada kegiatan itu Kepala Desa (Kades) Melati II Supardi, Kabid Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan Pedesaan dari Dinas PMD Sergai Syamsul Sijabat yang juga merupakan Ketua PIID-PEL, Kasi Ekonomi Kreatif dari Dinas Pora Parbud Sergai Nur Intan Siregar, Ketua TPUK Sahrul Dani, Sekretaris TPUK Budiansyah, Bendahara TPUK Yuyun Wahyu Ningsih, Ketua TP PKK Desa Melati Suriani Purba dan Inkubator M Safrizal.

Kades Melati II Supardi mengatakan dari ribuan desa yang ada di Indonesia, desa di Sumatera Utara yang lulus seleksi sebagai Desa Wisata Tani adalah dari Kabupaten Sergai yakni Desa Melati II sedangkan Dari Kabupaten Dairi adalah Desa Bangun.

Supardi menjelaskan potensi yang ada di Desa Melati II ini bisa dikembangkan untuk mendorong dunia pariwisata Tani di Sergai yang memiliki destinasi wisata sehingga menjadi daya tarik perhatian banyak orang.

"Maka dari itu di Dusun Sei Tontong ini akan kita kembangkan menjadi lokasi Wisata Tani. Kita menargetkan selama satu tahun Wisata Tani di Desa Melati II bisa berkembang," pungkas Supardi.

Nur Intan yang mewakili Kadis Pora Parbud juga menyebutkan para kaum ibu khususnya dari TP PKK Desa harus bekerja sama dengan para masyarakat dusun untuk mengelola Desa Wisata Tani tersebut.

Ketua Pokja PIID-PEL Syamsul Sijabat juga mengatakan dengan adanya Wisata Tani di Desa Melati II memberikan kekuatan baru bagi Kabupaten Sergai serta bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat desa. (imc/dipa)

Komentar

Berita Terkini