|

Rahmat Shah Ajak Mahasiswa UMSU Lestarikan Flora dan Fauna Indonesia

Tokoh konservasi alam terkemuka di dunia Rahmat Shah mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ikut terlibat dalam pelestarian flora dan fauna khususnya di Indonesia.(foto: ham) 

INILAHMEDAN - Medan: Tokoh konservasi alam terkemuka di dunia Rahmat Shah mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ikut terlibat dalam pelestarian flora dan fauna khususnya di Indonesia.

Ajakan itu disampaikan dalam Kuliah Umum bertajuk 'Upaya Proteksi Fauna Melalui Konservasi Demi Pembangunan Yang Berkelanjutan' di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri Medan, Rabu (03/07/2024). 

Sebelum mengisi kuliah umum, Rahmat Shah mengunjungi berbagai fasilitas di kampus di antaranya Education USA Center yang ada di UMSU, Perpustakaan, Studio UMSU hingga siaran di Radio UMSU FM.

Kehadiran tokoh masyarakat yang banyak meraih penghargaan nasional dan internasional, termasuk pernah menjabat di lembaga tinggi negara ini mendapat sambutan hangat mahasiswa. 

Materi yang disampaikan secara interaktif dengan menyertakan video membuat peserta yang hadir betah mengikuti kuliah yang disampaikan.

Dia mengajak lebih dari 500 mahasiswa dan para tokoh di Sumatera Utara untuk mendukung upaya koservasi, rehabilitasi dan restorasi keragaman hayati guna mencegah kepunahan akibat pemanasan global serta kejahatan lingkungan oleh manusia.

"Teman saya dari kecil itu sudah satwa," ujarnya menceritakan awal mula menyukai dunia satwa, flora dan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. 

Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) itu menjelaskan bahwa lembaga konservasi menjadi benteng terakhir penyelamatan satwa langka endemik Indonesia.

"Banyak hal yang kami lakukan, ada sekitar 4.912 jenis hewan yang dirawat dan dilestarikan," ujar Rahmat.

Rahmat Shah juga berbagi kiat suksesnya dari seorang pekerja bengkel hingga saat ini menjadi pengusaha sukses.

Dia berbagi 10 kiat sukses di antaranya kolaborasi, menghormati orangtua, disiplin, berbagi, kebersamaan, kerja keras hingga memilih lingkungan sosial.

"Saya anak desa dari sungai Babolon, Penyambungan Sumatera Utara dan anak yatim piatu. Saya tidak pernah merasa kehilangan dan kerugian karena kunci keberhasilan dalam hidup adalah kebersamaan, tidak ada saling iri dengki," ujarnya. 

Sebelumnya, Rektor UMSU Agussani mengucapkan terima kasih atas kesediaan Rahmat Shah berkunjung ke UMSU. 

"Terima kasih Bang Rahmat untuk kehadirannya pada agenda hari ini. Beliau ini sangat luar biasa, sangat memgapresiasi karya-karya anak muda," ujar Agussani.

Agussani juga berharap Rahmat Shah dapat berkolaborasi mensukseskan Muktamar 2027 yang diselenggarakan di Sumatera Utara. 

“Menjelang Muktamar, kita akan membangun auditorium, spot center dan masjid. Semoga kolaborasi UMSU dan Rahmat Galeri dapat memajukan kebersamaan,” harap Rektor UMSU.

Rektor dan Rahmat Shah dalam kesempatan itu memberikan tali asih kepada atlet berprestasi internasional yakni mahasiswa UMSU yang meraih 2 medali emas dan 3 perunggu pada 23rd MILO OPEN KARATE CHAMPIONSHIP 2024 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Serta Atlet Bridge yang meraih medali emas kategori pasangan mix di ajang ASEAN University Games 2024. (imc/ham)

Komentar

Berita Terkini