|

Siapa Makhluk Terakhir yang Bertahan Hidup di Bumi?

Sumber foto: kompascom

INILAHMEDAN - Sebuah pertanyaan muncul, siapa makhluk terakhir yang bertahan hidup di Bumi? 

Untuk mencari jawaban ini, para ilmuwan, ahli biologi dan pemikiran lingkungan mengeksplorasi kemungkinan masa depan kehidupan di planet kita.

Mungkin saja suatu hari nanti planet Bumi hanya akan dihuni satu hewan seperti dikutip dari IFL Science. Hewan terakhir yang bertahan kemungkinan besar adalah makhluk yang rendah hati: tardigrade.

Dikenal sebagai hewan terkeras di Bumi, tardigrade dapat bertahan hidup hingga 30 tahun tanpa makanan atau air. Sebuah studi baru oleh Universitas Oxford menemukan bahwa makhluk mikro tangguh ini akan ada setidaknya selama 10 miliar tahun dan dapat bertahan hidup melalui benturan asteroid atau ledakan bintang yang meledak dekat Bumi.

Hewan delapan kaki ini, yang tumbuh hingga sekitar setengah sentimeter, juga dapat bertahan terhadap suhu ekstrem hingga 150 derajat Celcius.  

Mereka juga tahan terhadap tingkat radiasi 5000 hingga 6200 Gy, yang sekitar dosis yang digunakan dalam beberapa bentuk kemoterapi. Para peneliti dari Universitas Oxford telah mempelajari risiko kepunahan hewan ini untuk berbagai bencana astrophysical. 

Penelitian ini menemukan bahwa makhluk-makhluk kecil ini dapat bertahan dari benturan asteroid, supernova, atau semburan sinar gamma, jenis ledakan energi ekstrim. Meskipun semua peristiwa ini akan mematikan bagi manusia, para peneliti menemukan bahwa tidak ada yang bisa menyingkirkan tardigrade.(imc/***) 

sumber: kompascom


Komentar

Berita Terkini