|

Legislator: BP2RD Medan Tidak Transparan Soal Data Potensi Pajak

Anggota DPRD Medan Daniel Pinem. (foto: dok)

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Daniel Pinem menilai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Medan Medan tidak transparan dalam memberikan data potensi pajak daerah kepada legislatif.

“Padahal salah satu tugas dan tanggungjawab DPRD adalah pengawasan,” kata Daniel Pinem yang juga anggota Komisi IV DPRD Medan ini, Jumat (07/06/2024).

Hal ini tentu saja kata Daniel menjadi menghambat dalam proses pengawasan atas kepatuhan pembayaran pajak dan retribusi oleh para wajib pajak yang tidak taat azas dalam pembayaran pajak.

Akibatnya, kata dia, target penerimaan dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah selalu tidak tercapai dari yang ditargetkan.

Dengan demikian kecurigaan kebocoran penerimaan dari pos pajak daerah dan retribusi daerah menjadi tidak terhindarkan.

Karena kurangnya koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pelaksanaan Perda tentang pajak dan retribusi daerah, sehingga mengakibatkan hilangnya potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan Medan setiap tahun anggaran.

“Untuk itu kita minta secara tegas kepada Wali Kota Medan Medan dan seluruh pemangku jabatan di jajaran Pemko Medan supaya benar-benar melaksanakan tugas pengawasan terkait pelaksanaan pengutipan pajak dan retribusi daerah tersebut,” tandasnya.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini