|

KPU Provsu Luncurkan 'Yel-Yel'/Maskot Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Provsu Robby. (foto : dok)  

INILAHMEDAN
- Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara meluncurkan 'Maskot Si Mamo' (Harimau Demokrasi) dan lagu 'Memilih' sebagai jingle atau yel-yel pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

" Maskot ini diambil dari demo Harimau Sumatera. Tema Harimau diangkat untuk menjaga kelestarian dan perkembangannya agar tidak punah," ucap Robby Effendy pada peluncuran Maskot KPU Provsu di Hotel Santika Medan, Jumat (14/06/2024). 

Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut itu juga menyampaikan desain yang dipilih tersebut merupakan hasil sayembara terbuka dan berdasarkan hasil penilaian juri. Maskot melekat untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

" Maskot tersebut menggunakan baju Melayu dan kain sarung adat Melayu yang melambangkan masyarakat berbudaya dengan nilai-nilai luhur kesopanan," katanya.

Maskot Pilkada 2024 yang diluncurkan. (foto : dok)

Selain itu, maskot yang memakai tanjak melayu sebagai bentuk sahabat dengan masyarakat di wilayah ini sehingga dapat menciptakan pesta demokrasi yang gembira dan menyenangkan.

" Di tangan kiri maskot membawa paku, yang menandakan bahwa Pilkada ini memilih lewat paku coblos dan jari tangan yang di cap tinta sebagai bentuk warga Sumut tidak Golput di Pilkada 2024," ungkapnya. 

Sebelumnya, sayembara lomba maskot dan jingle atau yel-yel maskot Pilkada 2024 tersebut pada 3-4 April 2024 lalu yang masing-masing diikuti 77 peserta dengan total hadiah Rp80 juta.

" Kami berharap dengan peluncuran maskot ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Sumut pada Pilkada 2024 November mendatang," imbuhnya.

" Logo itu juga merupakan simbol semangat demokrasi, dimana setiap elemen didalamnya memiliki am integritas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi," tambah Robby. (imc/joey)

Komentar

Berita Terkini