|

Hari Lingkungan Hidup, PLN UPDK Pandan Gelar Coastal Clean Up

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Pandan menggelar Coastal Clean Up yang dilaksanakan di Pantai Indah Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara.(foto: rizki) 

INILAHMEDAN-Sibolga: Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Pandan menggelar Coastal Clean Up yang dilaksanakan di Pantai Indah Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara. 

"Hari lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni yang ditetapkan berdasarkan pembukaan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang berlangsung antara tanggal 5-16 Juni 1972 di Stockholm," ucap Manager UPDK Pandan Aries Indrianto Elisa, pada wartawan Minggu (16/06/2024).

Aries mengatakan bahwa hari lingkungan hidup sedunia merupakan momentum bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan protes terhadap planet bumi, pemamfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah. 

Kemudian Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga menjadi wadah kolaborasi antara masyarakat global dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Berdasarkan laporan Ocean Conservacy, terdapat 9,76 juta unit sampah yang ditemukan di pesisir pantai dunia pada tahun 2021. Beratnya mencapai 2,54 Juta Kg dengan panjang 27,19 kilo meter (km) secara global. Hal ini menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga lingkungan pesisir pantai kita. Terlebih kita sebagai warga Tapanuli Tengah yang hidup di lingkungan pesisir pantai tentunya kita sebagai ujung tombak dalam menjaga lingkungan pesisir Pantai kita," katanya.

Dia menjelaskan kegiatan Coastal Clean Up ini merupakan penerapan dari Nusantara Volunteering Program (NVP) dari PT PLN Nusantara Power. NVP menjadi salah satu komitmen PLN NP terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dengan melibatkan karyawan pada kegiatan sukarela untuk menjawab kebutuhan dan solusi terhadap permasalahan sosial maupun lingkungan, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat akan memetik manfaat dari kegiatan kesukarelaan ini. 

"Program NVP dilakukan untuk memberi ruang gerak bagi pegawai dalam aktifitas sukarela untuk mendukung capaian Sustainable Development Golas (SDGs)," jelasnya.

Lanjutnya, dengan kegiatan NVP berupa Coastal Clean Up ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar pesisir pantai indah pandan serta meningkatkan dan mengispirasi kepedulian (awareness) masyarakat terhadap lingkungan pesisir pantai indah pandan.

"Terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi dari Bank Sampah Yamantab untuk agenda kita hari ini, terkhusus dalam pengelolaan sampah hasil clean up. Semoga apa yang kita usahakan hari ini bisa semakin membaik dan terus berkesinambungan untuk ke depannya," sebutnya.

Pihaknya juga saat ini sedang fokus bersama-sama gotong royong untuk membersihkan pantai bersama-sama guna meningkatkan kesadaran dan keperdulian baik bagi individu dan kelompok-kelopok yang ada di sekitar khususnya Sibolga-Tapteng. (imc/rizki)

Komentar

Berita Terkini