|

Kasi Humas PPIH Embarkasi Medan Mulia Banurea Pantau Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Calhaj di Ahmed

Sebanyak 234 rombongan jamaah calon haji (calhaj) dari Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), 112 orang dari Kabupaten Langkat dan tiga orang dari Kabupaten Toba tiba di Asrama Haji (Ahmed) Embarkasi Medan, Minggu (19/05/2024) pagi.(foto: dok) 

INILAHMEDAN - Medan: Sebanyak 234 rombongan jamaah calon haji (calhaj) dari Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), 112 orang dari Kabupaten Langkat dan tiga orang dari Kabupaten Toba tiba di Asrama Haji (Ahmed) Embarkasi Medan, Minggu (19/05/2024) pagi.

Hal ini dikatakan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi melalui Kepala Seksi (Kasi) Kehumasan PPIH Embarkasi Medan Tahun 2024, Mulia Banurea kepada wartawan saat memantau kedatangan rombongan jamaah calon haji di Gedung Jabal Nur.

Menurutnya, rombongan jamaah calhaj dari Kabupaten Labuhan Batu Utara berjumlah 234 orang dan dari Kabupaten Langkat 112 orang, serta Kabupaten Toba sebanyak 3 orang ini termasuk dalam kelompok terbang tujuh.

"Saat ini sedang dilakukan pelayanan satu atap atau one stop service yakni pemeriksaan kesehatan, seat atau tempat duduk jamaah, pemberian gelang sebagai tanda jamaah calon haji, pemeriksaan pasport dan pemberiaan living cost atau biaya hidup ditanah suci selama 40 hari sebesar 750 Rial Arab Saudi," kata Mulia Banurea di Asrama Haji Medan, Minggu (19/05/2024). 

Kata Mulia, jamaah yang sudah melakukan pemeriksaan ini berjalan menuju penginapan di Madinah Al Munawwarah Asrama Haji Medan dan direncanakan rombongan jamaah haji dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Toba ini akan diberangkatkan besok Senin (20/5/2024) dinihari.

Sementara Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Medan Haji Torang Rambe dalam sambutannya menjelaskan kepada para jamaah calon haji tentang bagaimana ketika tiba di tanah suci agar mematuhi segala peraturan yang berlaku. Dia juga mendoakan kepada para jamaah calon haji semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Dr Zakirman dari Tim Kesehatan jamaah juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan alat-alat kesehatan saat berada di tanah suci. Seperti penggunaan masker sanitizer, dan penggunaan botol untuk mengambil air zam-zam.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini