|

Kabar Gembira Buat Langkat dan Binjai, PLTA Batu Gajah Manfaatkan Aliran Sungai Wampu Hasilkan Energi Listrik

Pj Gubernur Sumut Hassanudin meninjau PLTA  Batu Gajah di Desa Empus, Kabupaten Langkat, Sabtu (11/05/2024).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Langkat: Kabar gembira buat masyarakat Kabupaten Langkat dan Kota Binjai.  Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA) Batu Gajah akan memanfaatkan aliran Sungai Wampu untuk menghasilkan energi listrik. Energi yang dihasilkan 16 Mega Watt (MW). 

"Listrik dialirkan ke Kabupaten Langkat dan Kota Binjai," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin usai meninjau PLTA Batu Gajah di Desa Empus, Kabupaten Langkat, Sabtu (11/05/2024). 

Hasanuddin berharap semakin banyak pemanfaatan sungai sebagai sumber energi.

"Sungai kita banyak, besar, kita harus bisa memanfaatkannya. Termasuk untuk energi listrik, karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat," kata Hassanudin. 

Hassanudin meminta kepada dinas terkait untuk menghimpun data lokasi dan sungai yang berpotensi menghasilkan energi. Dengan begitu, akan mempermudah investor untuk berinvestasi. 

"Atau kita sendiri untuk membangun mikro hydro power," kata Hassanudin. 

Site Manager PLTA Batu Gajah Roni Manampiring mengatakan tegangan yang dihasilkan sebesar 20 kV. Listrik ini kemudian dialirkan ke daerah Kuala, Marike, Tambunan, dan Bukit Lawang. 

"Ini sangat membantu kawasan wisata Bukit Lawang, yang memang membutuhkan energi besar, belum lagi masyarakat yang selama ini memang kekurangan listrik. Kami harap ini bisa meningkatkan produktivitas masyarakat," kata Roni Manampiring. 

Hadir pada peninjauan tersebut investor PLTA Batu Gajah Herman Jaya, General Manager Berman Pasaribu, Staf Ahli Gubernur M Armand Effendy Pohan, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kepala Dinas PUPR Sumut Mulyono dan OPD terkait lainnya.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini