|

Panglima TNI : Siap Tindak Tegas OPM, Tak Ada Negara Dalam Negara

Panglima TNI Jendral Agus. (foto : dok)

INILAHMEDAN
- Jakarta : Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto menekankan akan menindak tegas para anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

Istilah OPM dipakai TNI untuk kelompok pemberontak di Papua. " Saya akan tindak tegas apa yang dilakukan oleh OPM. Tidak ada negara dalam suatu negara," tegasnya pada wartawan, Kamis (11/04/2024).

Ia mengatakan, setiap medan operasi memiliki teritorinya masing-masing. Oleh karena itu, penanganan di Papua pun berbeda dengan daerah lain. 

" Mungkin di Papua penanganannya berbeda dengan di wilayah lain. Kita punya metode sendiri untuk penyelesaian masalah. Senjata ya lawannya senjata ya, tapi kita tetap mengedepankan teritorial untuk membantu percepatan pembangunan, membantu menyejahterakan masyarakat di sana," jelasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus memutuskan mengganti penamaan kelompok pemberontak di Papua. Bila sebelumnya disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) kini dikembalikan kepada istilah lama Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar membenarkan perubahan itu. Keputusan diambil karena kelompok terxebut menamakan diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB). Nugraha menyampaikan, aksi OPM sudah membahayakan warga maupun aparat. Tak sedikit pembunuhan terjadi. (imc/joey)


Komentar

Berita Terkini