|

Ijeck Siap Maju di Pilgub Sumut 2024

Ketua Partai Golkar Sumut Musa Rajekshah siap maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Ketua Partai Golkar Sumut Musa Rajekshah siap maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024. Ijeck, panggilan akrab Musa Rajekshah, maju jika diberi mandat Ketua Umum partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ijeck juga menyatakan kerelaannya menanggalkan jabatan sebagai anggota DPR RI demi berjuang dalam kontestasi 'Sumut 1' nanti. 

"Kalau memang nanti diberikan (mandat/rekomendasi), jika harus mundur ya mundur," katanya menjawab pers di Kantor Partai Golkar Sumut Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Senin (25/03/2024).

"Kalau secara aturan (mesti mundur atau tidak) kita belum tau seperti apa ya," sambung Ijeck. 

Diketahui, berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif 14 Februari 2024, Ijeck merupakan anggota DPR RI terpilih dari Dapil Sumatera Utara I. Sebelumnya Ijeck merupakan Wakil Gubernur Sumut periode 2019-2024. 

Ijeck mengaku Golkar akan mengusung kadernya sendiri untuk maju pada Pilkada serentak 2024 ini. Adapun sebelumnya, diakui dia, DPP partai memang sudah mengeluarkan surat penugasan untuk diusung maju Pilkada 2024.

Hanya saja, Golkar Sumut diminta mengevaluasi kembali nama-nama calon kepala daerah tersebut apakah layak atau tidak untuk diusung pada Pilkada 2024. Termasuk penugasan untuk kontestasi Pilgubsu. 

"Yang lalu memang ada dua nama, itu pun nanti dikembalikan ke DPP yang mana nanti ditunjuk untuk dikeluarkan rekomendasi, itu bisa juga dievaluasi," ungkap Ijeck didampingi Sekretaris Datok Ilhamsyah, Bendahara Ichwan Husein Nasution dan sejumlah pengurus teras Golkar Sumut lainnya. 

Dalam evaluasi yang dilakukan, sambung Ijeck, ada beberapa parameter penilaian. Misalnya seseorang yang akan diusulkan, bagaimana perannya dalam pemenangan Golkar di Sumut pada Pemilu 2024.

"Apakah pada saat pemilihan legislatif kemarin, apakah membantu Partai Golkar atau tidak, di situ akan kita (lihat) karena kemarin itu belum rekomendasikan, hanya surat penugasan, yang masih bisa berubah-ubah," ujar Ijeck menyebut nama-nama calon kepala daerah tersebut sejatinya diputuskan oleh DPP. 

Sakit Hati

Di sisi lain Golkar Sumut memastikan tak akan mengusung petahana Edy Rahmayadi sebagai Cagubsu 2024. 

"Kalau itu (soal mengusung Edy Rahmayadi) sudah pasti tidak," kata Ilhamsyah. 

Ilhamsyah menyebut DPP Partai Golkar telah mengeluarkan surat penugasan kepada Bobby Afif Nasution dan Musa Rajekshah sebagai bakal calon gubernur Sumut.

Menurutnya, Edy Rahmayadi memiliki hubungan buruk dengan partainya. Semasa menjabat gubernur Sumut periode 2018-2023, eks Ketum PSSI itu kerap kali menyinggung Golkar.

"Apa yang dilakukan beliau yang lalu, bagaimana menyebutkan warna dan lambang partai, sangat menyudutkan kami, jadi kader-kader di bawah juga itu sangat berpengaruh, kami tak ingin juga membuat mereka sakit hati," pungkasnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini