|

Hilal Tak Terlihat, Pj Gubernur Sumut Gugah Kesadaran Tahun Ini Ramadan Terakhir

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprovsu Juliardi Zurdani Harahap mewakili Pj Gubernur Sumut Hassanudin melihat hilal di anjungan lantai 9 Kantor Gubernur di Medan, Minggu (10/03/2024).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengemukakan meski dalam tugas sehari-hari harus bersemangat hidup selamanya, namun dalam beribadah sebaiknya ditanamkan kesadaran besok akan berpulang ke hadirat-Nya.

“Jadi bayangkan tahun ini adalah Ramadan terakhir bagi kita sehingga setiap detik harus kita pergunakan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT,” ujar Pj Gubernur Sumut melalui Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Symut Juliardi Zurdani Harahap, Minggu (10/03/2024).

Juliardi mewakili Pj Gubernur di anjungan lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Medan bersama Tim Hisab dan Rukyat Sumut. Hadir Kakanwil Kemenag Sumut dan pihak kompeten lainnya.

Dari lokasi ini hilal tidak terlihat dan Tim Hisab dan Rukyat Sumut melaporkan hasil ini kepada Kementerian Agama. Sehubungan hal ini, Tim mengimbau masyarakat untuk berpuasa dengan mengikuti hasil siding Isbat di Jakarta.

“Hasil pantauan, hilal tidak terlihat dari anjungan kantor Gubernur Sumatera Utara. Untuk itu, umat Islam di Sumatera Utara diharapkan mengikuti hasil sidang Isbat Kementerian Agama pada Minggu (10/3) malam untuk menentukan 1 Ramadan tahun ini,” imbau Juliardi.

Lokasi tempat melihat hilal di anjungan kantor Gubernur Sumut berada di +03.34.48.3 Lintang Utara (LU), 98.40.17.8 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian tempat 60 Meter dari Permukaan Laut (MdPL).

“Jadi, berdasarkan hasil pantauan tersebut, untuk penetapan tanggal dimulainya ibadah puasa Ramadan tahun ini agar menunggu hasil leputusan sidang Isbat Menteri Agama RI,” katanya.

Lebih lanjut Pj Gubernur dalam sambutan tertulisnya mengajak umat Islam menyambut Ramadan dengan penuh suka cita. 

“Insya Allah pada Ramadan ini kita tidak menjadi golongan yang merugi dan memanfaatkan momentum Ramadan menjadi hari ini lebih baik dari kemarin,” katanya.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini