|

Kanwil Kemenag Sumut Ikuti Rakernas Kementerian Agama Melalui Zoom Meeting

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI di Semarang pada 04 Februari hingga 07 Februari mendatang.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI di Semarang pada 04 Februari hingga 07 Februari mendatang. Kegiatan Rakernas Kementerian Agama RI juga diikuti Kepala Bagian Tata Usaha Muhammad Yunus, Kabid Urais Muslim, Kabid Penerangan Agama Islam Abdul Azhim, Pembimas Buddha Budi Sulistyo dan Pembimas Hindu Elirosa Tarigan secara virtual melalui zoom meeting, Senin (05/02/2024).
Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 mengangkat tema "Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045". Rakernas dibuka Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nizar, Senin (05/02/2024).
Dalam sambutannya Nizar mengatakan output yang diharapkan pasca rakernas yakni membangun kesepahaman dan komitmen bersama antar stakeholders Kementerian Agama.
“Kami berharap Rakernas ini akan memberikan ruang bagi diskusi yang terbuka dan konstruktif,” katanya.
Rakernas 2024 ini menghadirkan 295 peserta secara luring dan dari unsur pimpinan satuan kerja Kementerian Agama di tingkat pusat, instansi vertikal dan pimpinan unit pelaksana teknis yang terdiri Menteri Agama, Wakil Menteri Agama, Pejabat Tinggi Madya Pusat, Staf Ahli/Staf Khusus/Tenaga Ahli, Pejabat Tinggi Pratama Pusat, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Pejabat eselon III serta pejabat lainnya. Peserta yang mengikuti secara daring berjumlah 10.024 satuan kerja yang terdiri Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Balai, Loka dan UPT, Kepala Madrasah/Sekolah dan Kepala KUA Kecamatan.
Menteri Agama Republik Indonesia H Yaqut Cholil Qoumas, dalam arahannya menyampaikan beberapa poin penting dalam Rakernas tersebut. Beberapa di antaranya Ini tahun terakhir pengabdiannya sebagai Menteri Agama di pemerintahan Presiden Jokowi.
"Saya ingin agar kita lebih fokus dalam bekerja memberikan pelayanan yang terbaik untuk umat beragama maupun dari sisi pendidikan keagamaan. Kita akan mendiskusikan kinerja yang akan kita lakukan di tahun 2024. Saya ingin agar institusi Kementerian Agama ini benar-benar bisa dirasakan oleh publik dan Kementerian Agama menjelma menjadi Kementerian yang paling disegani diantara Kementerian lain di tahun 2024 ini. Kita akan menandatangani Pakta Integritas yang di dalamnya akan mencantumkan reward dan punishment, sehingga apa yang didiskusikan bersama nanti akan tercapai dalam kurun waktu tertentu. Kita akan menentukan langkah untuk mempercepat target-target yang selama ini kita tetapkan. Pakta integritas ini nantinya akan menjadi pegangan saya dalam mengambil keputusan," katanya.
Kepala Bagian Tata Usaha mengatakan bahwa hal hal yang telah disampaikan pada Rakernas akan menjadi perhatian kita semua.
"Sasaran kinerja yang telah disampaikan, jangan hanya sekedar narasi, namun kinerja kinerja itu harus dilaksanakan dengan baik. Target target harus langsung kita action sehingga capaian kinerja kita semakin baik lagi", katanya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini